Ayam Bakar dan Sate Bikin Wajah Keriput?

Ayam Bakar dan Sate Bikin Wajah Keriput?

0 100

Aroma wangi sate atau ayam yang sedang dibakar sangat menggelitik selera. Jika suka makan ayam panggang, ikan bakar, steak, atau sate, sebaiknya berhati-hati. Karena penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan yang dibakar bisa bikin kulit keriput!

Peneliti dari University College London, Inggris, menemukan bahwa makanan yang dibakar mengandung Advanced Glycation End (AGE). Dalam kadar tinggi, zat ini dapat mempercepat penuaan.

Advanced Glycation adalah reaksi antara karbohidrat (gula dan tepung) dengan protein atau lemak pada suhu tinggi. “Makanan tinggi lemak dan protein yang berasal dari hewan kaya akan AGE. Selain itu, hidangan ini juga akan membentuk AGE baru ketika dimasak pada temperatur tinggi,” jelas Dr. Anastasia Kalea, salah satu peneliti.

Teknik dry heat seperti membakar, menggoreng, dan memanggang menghasilkan lebih banyak AGE daripada merebus atau mengukus. Semakin tinggi suhu dan semakin lama memasaknya, semakin banyak AGE yang dihasilkan. AGE akan mulai terbentuk ketika makanan berubah menjadi kecokelatan.

AGE diserap dalam tubuh. Jika terlalu banyak, AGE dapat menimbulkan kerutan dan kulit mengendur. Zat ini merusak kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap muda.

Huffington Post memberikan tips agar kulit tetap muda dan Anda tetap bisa makan enak. Bumbui daging, pepeslah ikan, turunkan suhu saat memasak, serta rebus atau kukus makanan. Cara memasaka ini dapat mencegah terbentuknya AGE.

Langkah lain yang dapat dilakukan adalah mengurangi gula dalam makanan, menambahkan sayuran, serta menambahkan cairan (misalnya air kaldu).

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini