Sejarah Pembuatan Patung Liberty

Sejarah Pembuatan Patung Liberty

0 124

Patung Liberty (Statue of Liberty) yang menjadi ciri kota New York, Amerika Serikat mengandung nilai sejarah tersendiri. Patung yang mencapai ketinggian 46 meter ini dirancang oleh seorang pemahat berkebangsaan Prancis, Frederic Auguste Bartholdi. Bartholdi bekerjasama dengan Gustave Eiffel (perancang Menara Eiffel) untuk merancangkan kerangka baja sebagai penopang patung Liberty pada bagian dalamnya, sedangkan bagian luarnya terbuat dari plat tembaga.

Pembuatan patung ini dimulai sejak tahun 1874 dan baru selesai pada tahun 1885. Setelah rentang waktu 11 tahun, akhirnya, patung Liberty ini dikirimkan melalui jalur laut ke Amerika Serikat pada tahun 1886 dalam 200 muatan besar. Penyusunan kembali patung ini dilakukan di pelabuhan pulau Bedloe, Amerika Serikat yang menghabiskan waktu yang cukup lama, sehingga peresmiannya baru diadakan pada tanggal 28 Oktober 1886.

Patung Liberty ini merupakan patung yang menggambarkan seorang dewi kemenangan, yang dihadiahkan Prancis untuk Amerika Serikat yang pada tahun itu merayakan 100 tahun kemerdekaannya.

Berikut ini beberapa gambar ketika Patung Liberty dibuat di Prancis:

Para pekerja yang bergelut dalam menyelesaikan patung raksasa sesuai rancangan Frederic Bartholdi

Foto Sejarah Pembuatan Patung Liberty Perakitan pembuatan Patung Liberty  Rancangan tangan kanan Putri Liberty4

Foto ini menunjukkan kerangka tangan kiri patung Liberty yang memegang buku kemerdekaan

Kepala dari patung Liberty ketika belum terpasang, sempat menjadi tontonan publik.

Foto Sejarah Pembuatan Patung Liberty Perakitan pembuatan Patung Liberty  Kerangka patung yang belum lengkap4

Inilah kerangka patung Liberty yang masih belum terpasang lengkap

Inilah wujud patung Liberty yang sudah terpasang utuh di Paris, sebelum dikirm ke Amerika Serikat.

Ini adalah foto ketika patung Liberty sudah berdiri di kota New York, Amerika Serikat dan diresmikan pada tahun 1886. Patung yang memiliki berat mencapai >200 ton ini berada di pulau Liberty yang berada di muara sungai Hudson, pelabuhan New York, Amerika Serikat. Maha karya dari Bartholdi ini masih tegak berdiri sampai tahun ini.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini