IBM Sequoia, Super Komputer Tercepat Di Dunia

IBM Sequoia, Super Komputer Tercepat Di Dunia

9 281

Foto IBM Sequoia, Super Komputer Tercepat Di Dunia Tercepat Super Komputer IBM Sequoia  IBM Sequoia

Sebuah super komputer besutan IBM yang mengusung nama Sequoia telah berhasil menggeser super komputer K Computer buatan Fujitsu sebagai super komputer tercepat di dunia.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, Super komputer Sequoia ini telah diresmikan sebagai super komputer tercepat di dunia yang telah masuk daftar situs Top 500 pada pagi hari ini (18/06/2012).

Super komputer tercepat ini dibangun dan dirakit dengan hardware IBM di Lawrence Livermore National laboratory (LNLL) milik Departemen Energi Amerika Serikat.

Sebelumnya, rekor komputer tercepat dipegang oleh super komputer asal Jepang, K Computer yang dibuat oleh Fujitsu yang memiliki 705.000 core dengan prosesor Sparc64 VIIIfx yang menghasilkan kinerja hingga 6 petaflops atau 6 ribu triliun kalkulasi per detik dengan konsumsi daya hingga 12,66 megawatt.

Sedangkan super komputer Sequoia ini memiliki kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih efisien yaitu 16,32 petaflops atau sekitar 16 ribu triliun kalkulasi per detik dengan konsumsi daya hanya 7,09 megawatt.

Super komputer Sequoia ini akan digunakan untuk melakukan simulasi uji coba senjata nuklir sebagai pengganti uji coba senjata nuklir di dunia nyata.

Anda pasti penasaran dengan prosesor yang digunakan oleh super komputer tercepat di dunia ini? IBM Sequoia ini menggunakan prosesor IBM Power QBC 16 core dengan kecepatan 1,6GHz sebanyak 98.304 prosesor dengan jumlah total core-nya mencapai 1,6 juta core!

“Untuk mesin dengan 1,6 juta core yang telah berjalan selama lebih dari 23 jam selama 6 minggu sejak super komputer ini dibangun tanpa kekurangan, adalah suatu hal yang menakjubkan,” kata Kim Cupps, pimpinan divisi LNLL.

Untuk menguji ketahanan super komputer IBM Sequoia, LNLL menjalankan software Linpack selama 23 jam tanpa gagal 1 core pun dengan efisiensi hingga 81 persen.

Sequoia ini sebenranya mampu mencapai kenerja hingga lebih dari 20 petaflops, namun hal ini tidak dilakukan dengan alasan efisiensi daya.

Kim Cupps juga menambahkan bahwa super komputer Sequoia ini menggunakan sistem operasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL) di setiap node komputernya.

Dari 500 super komputer tercepat di situs Top 500, 372 diantaranya menggunakan prosesor Intel Xeon dan 2 dari 10 komputer tercepat menggunakan GPU (Graphics Processing Unit) Nvidia yang dikombinasikan dengan prosesor Intel Xeon.

Posisi kedua ditempati oleh pesaing intel, AMD, melalui prosesor AMD Opteron dengan 63 super komputer dan disusul IBM melalui prosesor IBM PowerPC dengan 58 super komputer.

213 dari super komputer di situs Top 500 ini dbuat oleh IBM, kemudian disusul oleh Hewlett-Packard (HP) yang membuat 138 super komputer.

9 COMMENTS

  1. Wah ……Kaya nya cocok tuh buat saya dirumah……"""1,6 juta core!""" Wew….16,32 petaflops atau sekitar 16 ribu triliun kalkulasi per detik………Wiihhh Merinding……..""""

  2. Wah ……Kaya nya cocok tuh buat saya dirumah……"""1,6 juta core!""" Wew….16,32 petaflops atau sekitar 16 ribu triliun kalkulasi per detik………Wiihhh Merinding……..""""

Tinggalkan Komentar Anda di Sini