Tiap Daerah Punya Soto Yang Khas

Tiap Daerah Punya Soto Yang Khas

1 273
Foto Tiap Daerah Punya Soto Yang Khas  soto Sokaraja soto Padang soto Medan soto Madura Soto Kediri soto Betawi soto Banjar soto Bandung Soto khas daerah coto Makassar  1x1.trans

Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan tidak hanya sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri, soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop.

Karena ada beberapa jenis soto di Indonesia, masing-masing mempunyai cara penyajian yang berbeda-beda. Soto bisa dihidangkan dengan berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping melinjo, sambal, saus kacang, dan lain-lain. Dan juga pula dengan tambahan lainnya seperti sate telur pindang, sate kerang, jeruk limau, koya (campuran tumpukan kerupuk dengan bawang putih) dll.

Seperti kita ketahui bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, sehingga soto biasanya dihidangkan dengan nasi sebagai menu utama. Namun, ada perbedaan dalam hal menu utama nasi tersebut. Kebanyakan soto dihidangkan secara terpisah dengan nasi, seperti Soto Betawi, Soto Padang, dan lain-lain. Namun, ada juga yang dihidangkan bersama dengan nasi atau soto campur nasi, misalnya Soto Kudus. Selain itu, ada juga soto yang dihidangkan dengan lontong atau, misalnya Coto Makassar. Kemudian, ada juga yang memakai mie, dan bukan nasi sebagai menu pokoknya, misalnya Soto Mie Bogor.

Soto-soto yang umumnya kita kenal adalah Soto Betawi yang sering kita temui di pinggir jalan. Bahkan jajanan tersebut lebih enak yang di kaki lima ketimbang yang di restoran, sebab rasanya jauh lebih aseli dan dibuat oleh orang kampung betawi asli. Juga soto Lamongan, Jawa Timur yang banyak tenda kaki limanya di Jakarta. Demikian pun juga Soto Madura.

Ada beberapa jenis Soto khas daerah yang jarang kita temui di pasaran kaki lima maupun restoran. Seperti misalnya Soto Lombok, Soto Surabaya, Soto Banyumas, dan Soto Bandung.

Adapun Soto Lombok ini bukan berasal dari daerah Lombok melainkan dari daerah Tawangmangu, Solo, Jawa Tengah. Nama Lombok tersebut berasal dari bahasa Jawa, lombok yang berarti Cabai. Soto ini merupakan soto ayam khas Jawa yang umumnya berkuah bening alias encer namun yang ini istimewa karena disertai dengan cabai di dalamnya supaya pedas dan panas. Sebab makanan ini berasal dari Tawangmangu yang merupakan sebuah tujuan wisata di Gunung Lawu yang dingin.

Sedangkan Soto Khas Surabaya adalah soto ayam maupun babat yang rasanya seperti umumnya soto khas Jawa Timuran. Kuahnya bening dan encer disertai dengan isi beberapa so-un dan daun selederi dan daun bawang. Namun bedanya dengan Soto Yogya atau Jawa Tengah, soto Jawa Timuran ini terasa lebih gurih dan asin, sedangkan soto Jawa Tengah lebih agak tawar. Dan lucunya lagi soto ini malah terkenal di Solo, Jawa Tengah. Mungkin karena kota Solo ke arah Timur sudah lebih terasa percampuran kultur Jawa Timurnya sehingga banyak penduduk yang berasal dari Jawa Timur di sana, padahal jarak ke Surabaya masih sangat jauh.

Sementara itu jenis-jenis soto yang lainnya adalah Soto Banyumas yang berasal dari Jawa Tengah bagian Barat. Soto ini malah terdapat dan terkenal di kota Bandung, Jawa Barat. Di warung tersebut tentu saja dilengkapi juga dengan jajanan khas Banyumasan lainnya yang terkenal yaitu antara lain Tempe Mendoan. Yaitu tempe goreng tepung yang dicampuri dengan irisan daun bawang yang cara menggorengnya hanya setengah matang saja sehingga rasanya empuk dan gurih. Harganya soto pun murah, hanya Rp. 7.000,- per porsi.

Yang lain lagi adalah Soto Bandung. Ini adalah jajanan yang jarang kita temui kalau bukan di kota Bandung. Soto ini terbuat dari daging iga sapi yang dilengkapi dengan irisan-irisan lobak di dalam kuahnya.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini