Setelah Gerhana Matahari, Ada Gerhana Bulan

Setelah Gerhana Matahari, Ada Gerhana Bulan

0 137

Pemandangan pagi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua dibuka dengan gerhana matahari cincin. Dalam setahun, gerhana matahari bisa menyambangi sekitar 2 kali tergantung waktu berselang.

Gerhana matahari cincin di Lampung (Antara/Widodo S. Jusuf)

Gerhana matahari terjadi pada Senin, 21 Mei 2012 pada pukul 06.30 WIT. Kini peristiwa ini sudah selesai melintasi langit Indonesia. Gerhana matahari cincin ini terjadi ketika wilayah terkena bayangan primer. Gerhana cincin terbit di wilayah Asia Timur, melintasi Pasifik Utara, hingga terbenam di Amerika Utara. Wilayah Cina, Jepang, dan Amerika Serikat dapat menyaksikan versi cincin.

Sementara wilayah yang terkena bayangan sekunder terletak di Utara. Cina, Rusia, Alaska, dan Kanada dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

“Dua minggu setelah gerhana matahari, akan ada gerhana bulan di Indonesia,” ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin saat dikontak Vivanews, Senin 21 Mei 2012.

Anda bisa menyaksikan gerhana bulan mulai pada pukul 17.00 setelah matahari terbenam di langit Indonesia. Pada 4 Juni 2012, bulan purnama akan tertutup sebagian hingga pukul 19.00 WIB.

Akhir Tahun, Bersiap Gerhana Matahari Total

Peta Jalur Gerhana Matahari November 2012 (Nasa.gov)

Gerhana matahari cincin yang berlangsung hari ini tidak bisa dinikmati semua penduduk bumi. Di Indonesia hanya wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang bisa menikmatinya.

Namun jangan berkecil hati, enam bulan lagi fenomena alam berupa gerhana matahari total, akan menyambangi bumi.

Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin kepada Vivanews, Senin 21 Mei 2012, menuturkan, gerhana matahari total terjadi dua kali dalam setahun.

Gerhana matahari total, kata Thomas, akan terjadi pada 14 November 2012. Saat itu gerhana matahari akan melintasi Pasifik Barat, Australia, hingga Amerika Selatan.  Di Indonesia, wilayah yang dilintasi adalah Maluku dan Papua.

Kondisi November berbeda dengan gerhana matahari cincin hari ini. Menurut Thomas, pada gerhana matahari total, bulan akan tampak besar dan menutupi seluruh matahari.

Untuk menyaksikan gerhana matahari total, Anda perlu melindungi diri dari kerusakan retina mata saat menyaksikannya. “Harus ada filter untuk mengurangi silau. Untuk pengamatan sebentar, bisa menggunakan kacamata hitam,” ujar Thomas.

Alat bantu pengamatan ini (kacamata hitam) tetap memiliki risiko merusak mata apabila digunakan untuk menatap gerhana dalam waktu lama.

Sembari menunggu gerhana matahari 6 bulan mendatang, Anda bisa menyaksikan gerhana bulan 2 minggu lagi.  Pada 4 Juni 2012, bulan purnama akan tertutup sebagian hingga pukul 19.00 WIB.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini