Sarapan Telur Lebih Baik Dari Sereal

Sarapan Telur Lebih Baik Dari Sereal

0 343

Foto Sarapan Telur Lebih Baik Dari Sereal Telur Stamina Sereal sarapan  1x1.trans

Meski telah sarapan, kerap kali rasa lapar hadir di tengah aktivitas sebelum jam makan siang. Tapi, jika Anda sarapan telur sebagai menu sarapan Anda, dijamin rasa lapar tidak akan mengganggu aktivitas Anda hingga jam makan siang tiba.

Seperti dilansir dari Daily Mail, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi telur orak arik saat sarapan merasa sedikit lapar ketika makan siang ketimbang orang yang mengonsumsi sereal.

Penelitian ini juga mengatakan kalau telur bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dibanding makanan lainnya. Para peneliti asal AS bahkan menyebutnya sebagai penekan nafsu makan alami.

Dalam studi tersebut, 20 responden yang telah diperiksa kesehatannya diberikan dua butir telur orak-arik sebagai menu sarapan mereka selama satu minggu. Setelah satu minggu, mereka kemudian menukar menu sarapan mereka dengan semangkuk sereal selama satu minggu.

Telur dan sereal tercatat pada Kongres Eropa untuk obesitas sebagai makanan yang memiliki kadar kalori yang sama. Kedua jenis makanan ini juga memiliki jumalah protein, karbohidrat, dan lemak yang sama.

Menuju makan siang, responden ditanya seberapa lapar mereka. Mereka kemudian dibiarkan mengambil makan siang dalam sajian prasmanan sehingga para peniliti dapat memantau jumlah menu makan siang yang diambil para responden. Di akhir penelitian, para peneliti melakukan tes darah terhadap para responden.

Hasilnya menunjukkan bahwa responden merasa lebih kenyang ketika sarapan telur. Mereka cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan pada saat makan siang.

Uji lab pada sample darah pun menunjukkan kalau mereka memiliki kadar hormon pengendali nafsu makan, hormon ghrelin, lebih rendah. Sebaliknya tingkat PYY, hormon yang membuat orang merasa kenyang tercatat lebih tinggi dibanding saat mereka mengonsumsi sarapan sereal.

Efek kenyang telur biasanya dikaitkan dengan dingginya kadar protein yang terkandung di dalamnya. Tapi, karena baik sereal dan telur memiliki kadar protein yang sama, asumsi ini pun terbantahkan. Peneliti Universitas Louisiana menyimpulkan bahwa kualitas protein yang terkandung di dalamnya adalah yang terpenting untuk membuat
seseorang merasa lebih kenyang.

“Protein itu bervariasi dalam kualitas gizi. Protein hewani umunya lebih unggul dibandingkan protein nabati, dan protein yang terkandung di dalam telur adalah yang terbaik dibanding makanan lainnya,” ujar Nikhil Dhurandhar, pemimpin peneliti.

Efek Obat

Pakar obesitas yang telah menangani 10 ribu penderita obesitas ini mengatakan bahwa mengurangi berat badan tidak sesederhana meminta seseorang mengurangi jumlah asupan dan berolahraga. Penekan nafsu makan tentu akan membantu. Sementara itu, obat bisa menimbulkan efek samping kesehatan, penekan nafsu makan alami bisa menjadi solusi.

“Telur tidak memiliki kekuatan untuk menurunkan berat badan Anda, tetapi dapat membantu Anda mengatakan tidak. Sarapanlah dengan dua buah telur, Anda akan merasa kenyang dan diet Anda pun akan berjalan dengan baik sehingga berat badan Anda akan cepat turun,” ujarnya.

Jadi, sarapanlah dengan dua buah telur sehingga Anda kuat menahan godaan camilan-camilan di pertengahan pagi. Tapi, ingat hindari minyak untuk mengolah menu sarapan telur Anda. (ren)

Telur Untuk Sarapan, Tubuh Makin Berstamina

Kebiasaan sarapan sudah terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata, pilihan jenis makanan yang diasup saat sarapan pun berpengaruh terhadap tingkat stamina Anda. Dan telur merupakan menu pilihan terbaik untuk sarapan di antara pilihan lainnya.

Kandungan protein yang ada pada telur lah yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk sarapan. Bukan jenis karbohidrat seperti yang terdapat dalam roti, nasi, atau minuman manis yang Anda konsumsi.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Chambridge University mendapatkan bahwa protein pada telur membuat sel otak menjadi lebih bertenaga.

Sel otak ini akan melepaskan orexin, yang ternyata menjadi pemicu tubuh seseorang merasa menjadi lebih berstamina dan bertenaga.

Untuk yang takut mengkonsumsi telur sebagai menu sarapan karena kabar tentang kolesterol pada telur yang memicu sakit jantung, maka penelitian dari British Nutrition Foundation baru-baru ini mengungkap bahwa resiko tersebut sangat minimal.

Manfaat sarapan dengan telur lebih tinggi dari pada resikonya, sehingga tak beralasan jika menghindari telur karena takut dengan kandungan kolesterolnya. Namun dengan menyeimbangkan dengan konsumsi buah dan sayur tentu akan lebih baik lagi.

Jadi tidak selayaknya Anda merasa takut untuk mengkonsumsi telur saat sarapan, sebab terbukti telur bisa membantu tubuh tetap berstamina dalam beraktifitas pagi hingga siang hari.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini