Nepal: Negeri 100 Kuil

Nepal: Negeri 100 Kuil

1 296

Foto Nepal: Negeri 100 Kuil Nepal Lembah Kathmandu Kuil Hindu  1x1.transJulukan Negeri 100 kuil mungkin tak berlebihan jika disandangkan kepada negeri ini. Di Lembah Kathmandu yang merupakan ibu kota Nepal, setidaknya ada tujuh kompleks besar kuil Hindu atau Buddha berusia ribuan tahun.

Bila Anda menjelajahi kompleks kuil tersebut, setiap kompleks kuil bisa ditemui puluhan atau bahkan ratusan candi, besar maupun kecil, yang dibangun oleh berbagai dinasti monarki yang berbeda yang pernah berkuasa di Nepal.

Ketujuh kompleks kuil ini seluruhnya masuk situs warisan sejarah yang dilindungi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO World Cultural Heritage Sites).

Hebatnya lagi, ketujuh kompleks besar kuil tersebut seluruhnya berada dalam radius 20 kilometer,  terawat dengan sangat baik dan hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai tempat ibadah atau penyelenggaraan upacara atau festival keagamaan oleh masyarakat setempat.

Dari sekian banyak kompleks kuil tersebut, setidaknya masih ada 1 kompleks kuil yang dilestarikan dan dihormati, yakni kuil Kumarichwok atau Kumari ghar yang merupakan tempat tinggal Dewi Kumari, dewi yang sangat disegani oleh umat Hindu di Nepal.

Selain itu terdapat pula kuil yang sudah terkenal diantara wisatawan yakni, Pashupatinath, kuil Syiwa paling signifikan di dunia. Kuil ini sangat ramai dikunjungi wisatawan asing, selain menarik kuil ini juga unik dengan beragam ornamen-ornamennya.

Bukan hanya Lembah Kathmandu dengan wisata budayanya yang bisa ditawarkan Nepal. Masih ada Pokhara, Nagarkot, Annapurna, Chitwan, dan Lumbini, yang tak kalah populer di kalangan turis.

Lumbini adalah lokasi wisata ziarah karena di situlah tempat lahir Sidharta Gautama atau Sang Buddha. Chitwan terkenal dengan taman nasional dan spesies langkanya.

Ada pula Distrik Thamel yang selalu ramai. Uniknya lagi, toko-toko di sana menyediakan kerajinan tangan, karpet, dan kertas cetak khas Nepal. Di tempat ini dijamin Anda akan membawa koper dengan jumlah berlipat saat pulang. Kerajinan dendan warna khas yang memaksa kita untuk memilikinya.

1 COMMENT

  1. syukurlah tidak seperti tetangganya pakistan dan afghanistan peninggalan hindu budha ribuan tahun hampir lenyap tanpa sisa

Tinggalkan Komentar Anda di Sini