Mengapa Baju Atlet Lari Terinspirasi Bola Golf?

Mengapa Baju Atlet Lari Terinspirasi Bola Golf?

0 147

Foto Mengapa Baju Atlet Lari Terinspirasi Bola Golf? Nike Suit bola golf baju Atlet Lari  nike turbospeed

Menjadi juara di nomor lari sprint Olimpiade London tak hanya mengandalkan kekuatan dan kecepatan kontraksi otot tubuh, tapi juga pakaian yang dikenakan. Buktinya, sejumlah atlet sprinter dari sejumlah negara akan mengenakan pakaian lari terbaru buatan Nike.

Setelan baru itu amat pas mengikuti lekuk badan sehingga dapat mengurangi gaya gesek dan membuat atlet berlari lebih kencang. Namun bukan hanya itu inovasi terbaru yang melekat pada pakaian lari itu. Pada sejumlah bagian, seperti di bagian lengan, pakaian itu memiliki puluhan lekukan kecil mirip permukaan bola golf.

Lekukan kecil itu diyakini bisa membantu mengurangi gaya gesek dengan udara. Lubang-lubang itu bekerja dengan menciptakan lapisan tipis molekul udara turbulen tepat pada permukaan bola. Molekul tersebut dapat mengikuti lekukan permukaan bola lebih baik daripada ketika bergerak di atas bola licin sehingga mengurangi jejak turbulen yang tercipta di belakang bola.

Pada Februari lalu, Nike mengumumkan setelan lari terbarunya itu, yang diberi nama TurboSpeed Pro. Dalam tes terowongan angin, TurboSpeed 0,023 detik lebih cepat pada jarak 100 meter. Memang sangat kecil, tapi pada Olimpiade sebelumnya peraih medali perak dan perunggu hanya dibedakan oleh margin kurang dari 0,023 detik.

Baju lari baru ini juga diklaim ramah lingkungan. “Pakaian itu terbuat dari 82 persen poliester daur ulang dan setiap setelannya menggunakan sekitar 13 botol plastik daur ulang,” Livescience mengutip Nike.

Pakaian tersebut adalah setelan lari teringan yang pernah dibuat perusahaan itu. Baju itu juga dirancang khusus agar pemakainya tidak mengalami iritasi atau terganggu.

Pelari dari Amerika Serikat, Cina, Rusia, dan Jerman akan mengenakan setelan lari itu dalam ajang Olimpiade London nanti.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini