Mappalanca, Tradisi Adu Betis dari Maros

Mappalanca, Tradisi Adu Betis dari Maros

0 317

Foto Mappalanca, Tradisi Adu Betis dari Maros Tradisi sulawesi selatan Maros Mappalanca budaya  dok wisatamelayu.com tradisi adu betis 4fc475d332dc01Indonesia memang kaya akan segala hal, termasuk seni dan budaya. Mengunjungi suatu daerah yang ada di Indonesia tak lengkap rasanya jika belum menyaksikan beragam atraksi budaya yang ada di daerah setempat. Seperti halnya ketika berkunjung ke Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Di daerah ini terdapat atraksi budaya unik, namanya Mappalanca. Atraksi budaya khas masyakarakat kabupaten Maros ini biasanya dilaksanakan setelah masa panen. Tradisi ini sendiri merupakan rangkaian acara dari sebuah pesta tahunan yang biasa diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen.

Atraksi Mappalanca (adu betis) ini biasa dilakukan oleh para lelaki, dan diikuti oleh semua kalangan baik muda maupun tua. Dalam atraksi ini para peserta akan bertanding menunjukan kekuatan mereka dengan cara saling menendang betis lawan.

Pertandingan adu betis ini dilakukan di sebuah arena yang berbentuk lingkaran dan di tengah kerumunan orang.

Menurut masyarakat setempat, atraksi Mappalanca dilakukan untuk mengingatkan masyarakat setempat tentang leluhur mereka yang berjiwa patriotik dan ikut menjaga kerajaan Gowa.

Sebagai keturunan patriot maka anak cucu patriot tersebut harus mewarisi kekuatan fisik, yang salah satunya ditunjukan dalam pertandingan adu betis ini.

Sebagai arena pertandingan, Mappalanca biasanya diadakan di sebuah pemakaman keramat yang berada tak jauh dari pemukiman penduduk. Makam tersebut dipercaya sebagai makam Gallarang Moncoloe, yang merupakan leluhur desa sekaligus paman dari raja Gowa yakni Sultan Alauddin.

Tradisi Mappalanca dapat disaksikan di kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kawasan ini dapat dijangkau dengan angkutan darat dari Panakukang selama 4 jam perjalanan. Waktu yang tepat untuk meyaksikan atraksi ini adalah pada bulan Agustus, terutama sekitar tanggal 17.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini