Bagaimana Kalau Sebuah Kota di Backup?

Bagaimana Kalau Sebuah Kota di Backup?

0 96

Tentunya sudah bukan hal yang asing lagi jika mendengar kata “Back-up”, biasanya kita selalu berasumsi pada sebuah data yang ada di komputer atau juga yang punya genset bisa back-up listrik kalau tiba-tiba lampu mati. Tapi, kalau sebuah kota di back-up, ini pasti luar biasa tentunya.

Ya, Jepang-lah negara yang melakukan hal tersebut. Dan mungkin, back-up yang satu ini baru pertama kali terdengar di dunia, dimana pemerintah Jepang berencana hendak mem-Back-up atau membuat duplikat kota Tokyo yang akan digunakan bila sewaktu-waktu terjadi bencana yang parah di Tokyo.

Anda tidak salah dengar, mereka memang akan benar-benar mem-back-up kota Tokyo. Disebut dengan IRTBBC (Integrated Resort Tourism, Business, and Back-up City), mereka berencana untuk membuat sebuah kota cadangan yang letaknya kira-kira 482 km dari Tokyo dengan luas sekitar 500 hektar.

Kota tersebut nantinya akan punya hal yang hampir sama dengan yang ada di Tokyo saat ini, ditambah dengan ada kasino dan gedung cukup tinggi (652 m). Intinya, semua keperluan untuk membuat sebuah kota akan berjalan normal dan diharapkan kota cadangan ini mampu menampung sekitar 50.000 penduduk.

Tujuannya hanya satu, apabila terjadi bencana seperti Maret tahun lalu yang mengakibatkan Tokyo hancur, maka kota cadangan ini bisa membuat seluruh warga Tokyo kembali melakukan aktifitas seperti biasa dengan cepat tanpa menunggu terlalu lama.

Apakah Jakarta ada rencana untuk di “Back-up” juga?

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini