Awas, Poni Samping Picu Rabun Jauh

Awas, Poni Samping Picu Rabun Jauh

0 215

Tren rambut memang terus berkembang. Namun, sebaiknya Anda jangan terlalu menjadi korban mode.

Dokter Mata terkemuka Andrew Hogan memperingatkan anak muda dan remaja untuk tidak mempertaruhkan kesehatan matanya hanya demi fashion. Menurutnya, tren rambut tertentu sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Berponi samping yang menutupi salah satu mata ternyata dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur yang memicu timbulnya ambliopia atau lazy eyes, sebuah gangguan mata berupa penurunan tajam penglihatan.

“Jika remaja memotong poninya dan menutupi satu mata sepanjang waktu, atau bergaya seperti anak EMO, maka mata tidak akan melihat hal-hal yang detail. Dan jika itu terjadi di usia muda, maka berisiko menjadi ambliopia,” jelasnya, dikutip melalui Dailytelegraph (15/5).

Dr Hogan menjelaskan bahwa rambut yang menggantung di atas salah satu mata akan bertindak seperti penutup mata, yang mencegah akses mata terhadap sinar matahari dan stimulasi sensorik sehingga dapat melemahkan mata dan menyebabkan rabun jauh.

Ambliopia terjadi ketika jalur saraf dari salah satu mata ke otak tidak berkembang karena mata yang abnormal mengirimkan gambar kabur ke otak.

Mengikuti tren rambut berarti Anda harus siap dengan semua konsekuensinya bagi kesehatan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa smoothing rambut bisa memicu kanker.

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini