Sport Photography: Memotret Pertandingan Olah Raga

Sport Photography: Memotret Pertandingan Olah Raga

0 119

Foto Sport Photography: Memotret Pertandingan Olah Raga Sport Photography Pertandingan Olah Raga Memotret  152449 gerard pique 3 saat bertabrakan keras dengan victor valdes dan didier drogba 641 4521

Memotret olah raga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, karena selain Anda berkutat dengan berbagai teknik fotografi, Anda juga berpacu dengan waktu dan momen.

Karena momen-momen berharga dalam pertandingan olah raga berlangsung dalam waktu yang sangat singkat, maka fotografer harus mampu mengabadikannya.

Berikut ini beberapa panduan memotret pertandingan olahraga:

  • Gunakan Lensa Panjang (Tele)

Selama memotret, Anda akan lebih membutuhkan lensa tele, sebuah lensa dengan rentang fokus 400mm sudah biasa di kalangan fotografer profesional. Cobalah untuk mendapatkan lensa yang memiliki apertura terbesar untuk mendapatkan lebih banyak cahaya ke dalam kamera.

  • Gunakan Kamera Dengan Rasio Frame Baik

Anda memerlukan kamera yang memiliki rasio frame baik. Dalam fotografi olahraga, ketika momen yang ingin diambil tiba, Anda hanya perlu menekan tombol rana dan mengambil serangkaian gambar. Perbedaan setengah detik sangat berpengaruh. Misalnya Anda memotret pelompat, waktu antara melompat dari tanah dan mendarat bisa lebih kurang dari satu detik. Dengan kamera rasio frame tinggi Anda dapat menangkap gambar ketika pelompat mendarat.

  • Pertimbangkan Lokasinya

Anda harus mengetahui karakteristik lokasi dan jenis olahraga yang akan Anda potret. Contoh: Ada beberapa lomba, khususnya lempar cakram, menembak, dan lempar lembing memiliki persyaratan keamanan tertentu yang harus Anda ketahui.

  • Gunakan Kecepatan Rana Tinggi

Ingatlah bahwa dalam fotografi olahraga Anda menangkap aksi yang bergerak cukup cepat. Oleh karena itu anda perlu kecepatan rana tinggi untuk menangkap momen itu agar menghasilkan gambar yang tajam. Biasanya pertimbangkan untuk menggunakan kecepatan rana setidaknya 1/320 detik. Beberapa lomba yang banyak pergerakan, seperti basket membutuhkan kecepatan rana lebih.

  • Kecepatan ISO

Gunakan kecepatan ISO minimum yang memungkinkan Anda menggunakan kecepatan rana tinggi yang diperlukan bersama apertura besar yang Anda miliki.

  • Fokus

Jika kamera Anda memiliki fitur fokus servo maka gunakan fitur tersebut, khususnya untuk lomba yang berlangsung di lintasan. Jika tidak, fokuskan dulu ke titik tertentu dan mengambil gambar pada momen yang tepat. Dalam mode fokus otomatis cobalah untuk mengikuti target sebelum mengambil gambar yang memungkinkan waktu kamera melakukan fokus daripada menekan tombol rana dan menunggu lensa melakukan fokus sebelum gambar foto diambil.

  • Gunakan Monopod

Karena Anda menggunakan lensa panjang, sedikit pergerakan kamera akan berpengaruh. Monopod akan memungkinkan Anda menstabilkan kamera untuk mencegah goyangan kamera yang akan membuat foto kabur. Kebanyakan orang akan menggunakan tripod namun hal ini cenderung tidak praktis.

  • Jika Ragu – Tekan Tombol Rana

Tak seperti kamera film tradisional, kamera digital tidak terlalu rugi untuk mengambil foto. Jika Anda ragu akan gambar itu, Anda bisa menghapusnya nanti, tapi Anda mungkin saja mendapatkan foto pertandingan yang diinginkan.

  • Hormati Atlet dan Petugas Resmi

Tunjukkan rasa hormat kepada atlet dan petugas resmi. Anda tentu saja ingin membangun reputasi sebagai fotografer yang disukai yang membantu mempublikasikan pertandingan tersebut.

  • Pastikan Anda Memiliki Baterai Cadangan, Memori Tambahan, dan Lainnya

Baterai cadangan, memori tambahan, pembersih lensa, peralatan pelindung jika hujan atau pelindung dari sinar ultraviolet jika cuacanya panas. Pastikan Anda membawa peralatan yang Anda butuhkan, jangan membawa peralatan yang tidak diperlukan karena akan akan memperlambat pergerakan Anda.

  • Ketahuilah Siapa yang Bertanding

Dalam fotografi olahraga, cukup membantu jika anda mengenal subyek yang Anda foto. Jika anda senang dengan basket atau sepak bola, mungkin Anda kenal bintangnya dan siapa yang layak untuk difoto. Mengetahui subyek yang Anda foto akan mempermudah Anda dalam memposisikan diri saat memotret.

Semoga panduan-panduan di atas bisa membantu Anda saat memotret pertandingan olahraga, atau mungkin Anda menjadi tertarik untuk menekuni Sport Photography. Selamat memotret!

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini