Perjalanan Karir Pep Guardiola di Barcelona

Perjalanan Karir Pep Guardiola di Barcelona

1 248

Josep Guardiola akhirnya memutuskan akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim nanti. Pelatih Spanyol tersebut telah memenangkan 13 gelar juara bersama tim Catalan tersebut.

Berikut ini catatan perjalanan Guardiola bersama Barca:

Musim 2008-09

Guardiola menjadi kepala pelatih baru Barca. Ia menggantikan peran dari Frank Rijkaard. Guardiola mencetak prestasi menawan meski baru menjalani musim pertamanya bersama timnya. Ia membawa Barca menjadi tim Spanyol pertama yang berhasil mendapatkan 3 gelar sekaligus yaitu 2 gelar domestik dan 1 gelar Eropa.

Trofi: Copa del Rey, La Liga, Liga Champions.

Musim 2009-10

Guardiola kembali mencetak rekor mengesankan pada musim ini. Ia berhasil membantu Barca meraih gelar Piala Super Spanyol, Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antar Klub sebelum pergantian tahun. Itu berarti pada tahun 2009 ia telah meraih 6 gelar. Ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah dimana seorang manajer berhasil meraih 6 gelar dalam 1 tahun.

Sayang di musim ini mereka gagal mempertahankan gelar Liga Champions mereka karena dikalahkan oleh Inter Milan pada babak semifinal.

Pada musim ini ia berhasil mencetak rekor di klubnya dimana ia menjadi pelatih Barca pertama yang memenangkan empat pertemuan El Clasico berturut-turut.

Trofi: Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub, La Liga

Musim 2010-11

Musim ini ia gagal membawa Barca memenangkan Copa del Rey setelah ditaklukkan oleh Madrid dengan skor 1-0 di babak final.

Prestasi mengesankan terjadi di Liga Champions ketika mereka berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1 di babak final.

Trofi: Piala Super Spanyol, La Liga, Liga Champions

Musim 2011-12

Guardiola kembali mencatat rekor baru bagi klubnya di musim ini. Keberhasilannya memenangkan Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa membuatnya menjadi pelatih Barca yang paling banyak memenangkan gelar juara.

Gelar juara kian bertambah setelah mereka berhasil mengalahkan Santos di babak final Piala Dunia Antar Klub. Peluang memenangkan Copa del Rey juga cukup besar setelah mereka lolos ke babak final untuk menghadapi Athletic Bilbao.

Kekecewaan merundung Guardiola ketika mereka akhirnya disingkirkan oleh Chelsea di babak semifinal Liga Champions. Peluang mereka untuk menjuarai La Liga juga semakin sulit setelah mereka tertinggal 7 poin dari Madrid dengan hanya 4 pertandingan tersisa. Beberapa kegagalan ini akhirnya membuat Guardiola memutuskan untuk mundur dari Barca pada akhir musim ini.

Trofi: Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub

Total Trofi Yang Dimenangkan:

Liga Champions : 2

La Liga : 3

Copa del Rey : 1

Piala Super Spanyol : 3

Piala Super Eropa : 2

Piala Dunia Antar Klub: 2

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini