Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

8 319

Dengan semakin melonjaknya harga bahan bakar, kerap kali kita selalu berpikir untuk mengganti kendaraan mesin bensin dengan mesin diesel. Pendapat tersebut seringkali didasari oleh pendapat umum yang mengatakan bahwa mesin diesel dapat lebih menghemat bahan bakar bila dibandingkan dengan mesin bensin.

Pendapat tersebut tidaklah salah. Namun, masing-masing mesin mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum Anda membeli atau mengganti mobil.

Kelebihan Mesin Diesel:

  1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien.
  2. Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendaraan di jalan off-road. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di jalur non aspal.
  3. Sama seperti bensin, bahan bakar solar juga mudah diperoleh di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), baik dalam maupun luar kota.
  4. Pertimbangan hal keamanan juga patut dipertimbangkan. Solar tidak terlalu mudah terbakar jika tersulut percikan api.
  5. Tidak perlu takut untuk berkendara di bawah siraman hujan lebat atau melintas di kondisi jalan banjir, karena ruang mesin diesel tidak mempunyai komponen elektrikal seperti kabel busi.
  6. Bila rasio mesin bensin dibatasi oleh tekanan dari bensin dan udara, maka mesin diesel tidak dibatasi, karena hanya udara saja yang dikompres oleh mesin diesel. Semakin tinggi kompresi mesin diesel, maka tenaganya kian bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien.
  7. Mesin diesel terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar, daya tahannya lebih lama daripada mesin bensin. Ini adalah salah satu faktor mengapa armada transportasi menggunakan mesin diesel.

Kelemahan Mesin Diesel

  1. Salah satu kelemahan yang pasti dimiliki mesin diesel adalah suara mesin yang lebih berisik dibandingkan mesin bensin.
  2. Injektor pada mesin diesel jika tercampur air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah. Hal tersebut disebabkan oleh delivery valve di bagian injector pump yang mudah tersumbat bila terkena tekanan air dan akan membuat karat.
  3. Akselerasi mesin memiliki respon yang lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun dalam perkembangannya, telah banyak pabrikan mobil yang mengaplikasikan turbocharger atau supercharger untuk memperoleh tenaga spontan.
  4. Beban pajak kendaraan bermotor mesin diesel lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan mesin bensin. Rata-rata kendaraan diesel memiliki volume mesin lebih tinggi dibandingkan mesin bensin.
  5. Tingkat pencemaran udara lebih tinggi.
  6. Harga mobil kondisi baru biasanya lebih mahal dibanding mesin bensin untuk tipe yang sama.

Kelebihan Mesin Bensin

  1. Akselerasi mesin jauh lebih responsif, sehingga untuk mendahului kendaraan lain dapat mudah dicapai.
  2. Suara yang dihasilkan saat mesin dinyalakan hingga berakselerasi terdengar lebih halus.
  3. Tingkat polusi udara jauh lebih rendah.
  4. Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami. Artinya, jika terdapat kerusakan mesin atau bagian komponen mesin, maka kita dapat langsung melacaknya. Perawatan mesin berkala juga jauh lebih mudah dan murah.
  5. Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.

Kelemahan Mesin Bensin

  1. Beberapa tipe mobil tertentu, seperti produk Eropa atau beberapa pabrikan Jepang, mengharuskan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi di atas 91. Karena bila tidak, maka mesin akan mengalami kerusakan dan berdampak pada performa yang menurun.
  2. Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi.
  3. Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar. Menjadi berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar, atau karburator.
  4. Memiliki spesifikasi komponen yang cukup rumit, karena beberapa pabrikan telah mengadopsi teknologi-teknologi terbaru. Dengan spesifikasi yang rumit tersebut, maka perawatannya juga akan menjadi lebih sulit.
  5. Mesin bensin lebih rentan terhadap air dan banjir karena terdapat komponen kelistrikan di dalamnya.

Sumber:

8 COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini