“Friend Request” Facebook Ditolak, Sakit Hatinya Sama di Dunia Nyata?

“Friend Request” Facebook Ditolak, Sakit Hatinya Sama di Dunia Nyata?

0 75

GALAU ditolak di dunia maya, sama dengan di dunia nyata?

Permintaan pertemanan alias friend request menjadi awal mula terbangunnya koneksi di Facebook.

Walau hanya di dunia maya, jika friend request ditolak, rasa sakit hatinya sama seperti mengalami penolakan di dunia nyata. Demikian menurut para peneliti dari Penn State University, AS.

Seperti diberitakan Daily Mail, Rabu (4/4), permintaan pertemanan yang ditolak dapat menyebabkan rasa sakit hati, kecewa, hingga perasaan bersalah. Penyebabnya, banyak orang yang menganggap internet sebagai kehidupan nyata.

“Jika Anda pernah merasa kecewa karena friend request Anda ditolak di Facebook, Anda tidak sendiri. Banyak orang yang benar-benar merasa sakit hati saat mengalami penolakan di dunia maya,” papar Joshua Smyth, pakar perilaku dari Penn State.

Facebook, dengan jumlah pengguna sekitar 800 juta, berfungsi sebagai tempat berkumpulnya koneksi sosial. Jejaring sosial yang satu ini juga kerap digunakan sebagai sarana membangun hubungan sosial tanpa perlu merasa canggung jika bertemu langsung.

Riset yang melibatkan 77 mahasiswa ini mencatat para responden sakit hati, bahkan merasa diasingkan jika permintaan pertemanannya ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan sosial di dunia maya dan dunia nyata telah mengalami pembiasan. Walau begitu, hubungan sosial di dunia maya pun ada sisi positifnya.

“Menjalin interaksi secara online memperkuat hubungan psikis, karena akses berkomunikasi menjadi lebih luas dan lebih mudah,” pungkas Smyth.

Sumber:

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini