Cerita Unik di Balik Seragam Sekolah di Jepang

Cerita Unik di Balik Seragam Sekolah di Jepang

5 466

Seragam berwarna merah putih, biru tua – putih dan abu-abu putih adalah seragam yang sering di gunakan di Indonesia. Walaupun kini banyak sekolah-sekolah swasta dan international dengan seragam berbagai corak, modal dan warna, namun belum ada yang mampu menyangi kepopuleran seragam sekolah negeri. Lantas bagaimana dengan seragam sekolah Jepang itu sendiri?

Apakah mereka memiliki seragam sekolah nasional juga? Seperti apa dan bagaimanakah seragam sekolah yang dikenakan para remaja Jepang?

Sejarah Singkat

Foto Cerita Unik di Balik Seragam Sekolah di Jepang Seragam Sekolah Pelajar Jepang  uniforms2318

Foto Cerita Unik di Balik Seragam Sekolah di Jepang Seragam Sekolah Pelajar Jepang  uniforms2418

Seragam sekolah atau seifuku (制服), mulai hadir di Jepang lebih dari seratus tahun lalu, tepatnya pada era Meiji. Menurut museum Seragam Tombow awalnya seragam sekolah hanya berupa kombinasi kimono formal, kemeja dan hakama guna meningkatkan wibawa para siswa.

Namun seiring kemajuan jaman, budaya barat masuk dan setelah hakama pun di ganti dengan jas gakuran serta celana panjang hitam atau biru tua. Model jas seragam gakuran(学ラン) terinspirasi dari seragam militer. Seragam itu memiliki kerah yang tinggi dan kakuserta kancing logam hingga ke bagian leher.

Kalau di perhatikan seperti perpaduan antara seragam marching band dan kostum Men In Black ?

Sailor Girl

Nah, barulah di tahun 1920 para siswa Jepang (tepatnya di kota Fukuoka) mulai mengenakan seragam bergaya pelaut seperti yang sering kita lihat saat ini. Seragam ini memiliki scarf berbentuk segitiga, kelepak di punggung dan di rok yang berpotongan rendah, terinspirasi dari seragam Angkatan Laut Inggris. Rupanya sang kepala sekolah di SMU, Elizabeth Lee adalah yang aslinya bertempat tinggal di Inggris. Lagipula dia memilih karena pada saat itu AL Inggris di kenal yang terkuat di samudera.

Peran Seragam

Foto Cerita Unik di Balik Seragam Sekolah di Jepang Seragam Sekolah Pelajar Jepang  bajujepang215

Seragam juga berperan penting bagi pelajar Jepang menemukan cinta pertama. Saat duduk di bangku SMP dan SMU, cewek-cewek biasanya mendatangi cowok (pacar) mereka dan meminta kancing (dai-ni), yaitu kancing kedua dari atas jas seragam pelajar cowok yang di sukainya. Kalau cinta cewek itu tidak bertepuk sebelah tangan, maka si cowok akan mencopot kancing jasnya lalu di berikan kepada cewek yang tadi “menembaknya”. Kenapa harus kancing kedua dari atas? Karena letaknya paling dekat dengan hati, jadi seolah-olah si cowok berkata,” kuberikan hatiku untuk mu” (so..sweet^^)

Seragam Trendy

Foto Cerita Unik di Balik Seragam Sekolah di Jepang Seragam Sekolah Pelajar Jepang  4361419543 30f41a7055 z9

Untuk beberapa murid dan orang tua yang sadar mode, seragam sekolah biasa di gunakan sebagai gaya-gayaan sekaligus simbol kemakmuran. Perancang busana ternama Jepang seperti Hanae Mori bahkan pernah meluncurkan koleksi seragam sekolah untuk anak-anak orang kaya. Merek terkenal Benneton juga berniat membuat seragam sekolah khusus untuk seragam orang Jepang.

Diluar Gerbang Sekolah

Kalau kalian berkunjung ke Jepang (jangan lupa ajak2 ya^^), coba dech perhatikan sekeliling kalian. Seragam khususnya seragam pelaut pelajar putri bisa dengan mudah dilihat dimana-mana. Mulai dari tokoh komik, film, papan iklan acara TV dan sebagainya. Seolah –olah memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu alasannya, mungkin bagi yang melihat seragam-seragam itu memiliki nilai nostalgia akan masa remaja mereka yang serba menyenangkan. Jadi, kalau orang dewasa melihat anak-anak sekolah berseragam, katanya hati akan lebih gembira. Makanya banyak iklan disana yang menggunakan tokoh berseragam sekolah.

Lambang Keindahan

Kalau di Indonesia para pelajar maunya buru-buru melepaskan seragam sekolah dan berganti dengan pakaian santai, maka di Jepang sebaliknya. Para pelajar di sana (terutama siswa Jepang) mengenakan seragam sekolah setiap saat, bahkan di hari libur sekalipun. Whaaa….. nggak punya baju lagi ya?^^

Menurut sebuah artikel di harian New York Times, remaja-remaja Jepang sudah menyadari betul kalau keremajaan mereka memiliki nilai jual dan daya tarik tersendiri. Malah mereka menganggap kalau dengan seragam mereka akan terlihat jauh lebih cute (nggak semuanya cute tuh kayanya^^).


Kata Kunci:
  • kehidupan anak sekolah di jepang
  • pacaran cewek jepang
  • tradisi aneh ϑi̶̲̥̅̊ jepang

5 COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini