Gempa 8,5 SR Terjadi di Aceh dan Sumut Berpotensi Tsunami

Gempa 8,5 SR Terjadi di Aceh dan Sumut Berpotensi Tsunami

0 270

BMKG: Segera ke Tempat Tinggi !

Gempa dengan kekuatan besar mengguncang pesisir barat Pulau Sumatera, Rabu 11 April 2012 pukul 15.38 Waktu Indonesia Barat.

Lokasi Gempa Sumatera versi USGS (usgs.gov)

Versi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, lindu terjadi dengan kekuatan 8,9 skala Richter, yang kemudian diralat menjadi 8,5 SR . Sementara versi Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS menyebut gempa berkekuatan 8,7 Skala Richter.

USGS menyebut, Gempa terjadi di kedalaman 33 kilometer.

Pusat gempa berada di 431 kilometer Banda Aceh, 434 km Sinabang, dan 962 kilometer Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebelumnya, Kontributor VIVAnews.com di Padang, Eri Naldi mengabarkan, gempa terasa cukup kuat di Padang. “Lembut dan agak lama. Agak mirip dengan gempa tsunami Mentawai beberapa waktu lalu,” kata dia.

BMKG mengeluarkan peringatan tsunami. Warga diminta siaga. (eh)

Gempa berpotensi tsunami.

Saat ini, Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memberlakukan status awas.

“Kami meminta agar semua warga segera mengevakuasi ke tempat tinggi. Jangan berada di dekat pantai,” ujar petugas BMKG Bengkulu, Diah kepada VIVAnews, Rabu 11 April 2012.

Kontributor VIVAnews di Padang, Eri Naldi mengabarkan, gempa terasa cukup kuat di Padang. “Lembut dan agak lama. Agak mirip dengan gempa tsunami Mentawai beberapa waktu lalu,” kata dia. (umi)

India Keluarkan Peringatan Tsunami

Foto Gempa 8,5 SR Terjadi di Aceh dan Sumut Berpotensi Tsunami SUMUT sumatera utara Gempa Aceh  150785 potensi tsunami akibat gempa berkekuatan 8 9 skala richter di aceh 300 225Gempa besar berkekuatan 8,5 skala Richter tidak hanya terasa di Aceh, Medan, Padang, dan Bengkulu. Gempa ini juga terasa di sejumlah negara di sekitar Indonesia.

Kantor berita Reuters, Rabu 11 April 2012, melaporkan gempa juga terasa di Singapura, Thailand, dan selatan India. Bahkan India pun langsung mengeluarkan peringatan tsunami.

Seperti diketahui, gempa terjadi pada pukul 15.38 dan berpusat di 2,31 Lintang Utara dan 92,67 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer. BMKG melaporkan gempa berpotensi tsunami.

Pada 2004, gempa besar juga pernah terjadi di kawasan Aceh. 170 ribu orang meninggal dunia dan hilang. Gempa ini juga menewaskan sekitar 230 ribu orang yang berada di sekitar Samudera Hindia.

Pacific Tsunami: Tsunami Tiba Pukul 16.21 WIB

Ini perkiraan dari Pacific Tsunami Warning Center

Pacific Tsunami Warning Center yang berkedudukan di Hawaii melansir waspada tsunami sesaat setelah gempa 8,7 skala Richter mengguncang laut dekat Simeuleu, Nanggroe Aceh Darussalam. PTWC menyarankan, pemerintah setempat untuk memutuskan darurat bahaya tsunami di sejumlah kawasan.

Gempa ini terjadi di koordinat 2,0 lintang utara dan 92,5 bujur timur pada pukul 15.39 Waktu Indonesia Barat, 11 April 2012. “Gempa seukuran ini potensial menghasilkan sebuah tsunami merusak yang luas yang dapat mempengaruhi seluruh garis pantai di sepanjang Samudera Hindia.”

PTWC memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Gelombang tsunami ini juga disebut PTWC bisa menjangkau pesisir sejumlah negara di sekitar Samudera Hindia seperti India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maladewa, Malaysia, dan Madagaskar.

Namun PTWC menyatakan, waktu ini hanya prediksi dan gelombang pertama bisa saja bukan yang terbesar karena bisa merupakan serial gelombang. (umi)

Sumber:

  • www.bmkg.go.id

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini