10 Gadget Terbang Masa Depan

10 Gadget Terbang Masa Depan

1 364

Parrot AR.Drone 2.0
Foto 10 Gadget Terbang Masa Depan Mobil Terbang gadget  8ED3A4EF1E2FED781114E2E4CADC7

Kendati sudah ada komunitas pecinta quadrocopter, namun kebanyakan dari kita tidak punya waktu untuk merakit mainan terbang ini sendiri. Untung saja, kini Anda tak perlu menjadi seorang insinyur untuk mulai menerbangkan quadrocopter.

Mainan Parrot AR.Drone 2.0 sudah ada di pasaran dan siap terbang dari kardus boksnya untuk Anda kendalikan melalui tablet atau smartphone via jaringan wi-fi. Mainan ini dilengkapi dengan sebuah kamera HD, dan setelah menginstal AR FreeFlight 2.0 di ponsel, Anda dapat mengunduh game-game dan data geolokasi wilayah terbang. Satu-satunya hal yang perlu Anda pelajari adalah cara bagaimana mengendalikan mainan ini dengan baik. Sebab, jika tidak, Anda akan lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli lem khusus untuk memperbaiki mainan ini.

Swinglet CAM

Sebuah pesawat siluman di dalam koper – itulah kesan awal saat pertama kali melihat Swinglet CAM. Mesin terbang ini memiliki kamera beresolusi tinggi, hingga 12MP untuk melakukan pengintaian, atau menjepret foto aerial.

Jangkauan sayapnya mencapai 80cm dan bobotnya kurang dari setengah kilogram sehingga ia dapat diluncurkan dengan tangan, bila memang diperlukan. Adapun kecerdasan buatan bawaan pesawat ini memungkinkan mainan ini untuk menjalankan misi, walaupun tanpa campur tangan manusia.

Helikopter Igarashi
Foto 10 Gadget Terbang Masa Depan Mobil Terbang gadget  12BA57AC135F121AB5785B5FE526

Helikopter Igarashi tak hanya sebuah konsep piranti yang cerdas. Dengan menumpang mesin terbang berpenumpang satu orang itu, kita bisa menghindari stres tak berujung akibat kemacetan di jalan-jalan, dan meluncur bebas di ketinggian sambil memandangi antrean-antrean panjang kendaraan di kota-kota besar.

Mobil Terbang Yee

Mobil terbang selalu menjadi impian bagi para komuter dan penggila fiksi sains. Setidaknya, kini impian itu semakin dekat menjadi kenyataan, dengan adanya model konsep mobil terbang bernama ‘Yee’. Kecil tapi mantap, didesain untuk dipacu kencang di udara. Tapi mampu beroperasi sebagaimana kendaraan beroda empat juga. Propelernya berada di roda bagian belakang, sehingga memaksimalkan ruang interior.

Crows Nest Anti-Pirate UAV

Ini adalah pesawat tanpa awak yang dirancang untuk mengidentifikasi kedatangan bajak laut. Crows Nest Anti-Pirate UAVs beroperasi dengan terbang memutar di sekitar kapal kargo yang tengah berlayar. Ia juga memiliki fungsi untuk menggertak bajak laut.

Selain itu, bila ia mendeteksi sebuah perahu aneh mendekat di sekitar perimeter, maka ia akan membunyikan alarm untuk memberi waktu bagi para awak kapal mempersiapkan diri dari serangan bajak laut.

WP 330X-S Quad Flyer

Quadrocopter ini cocok bagi para pemula. Ia tidak akan berbahaya bila Anda menjatuhkannya di kepala seseorang. Sebab, ia dilengkapi dengan sistem stabilisasi dengan berbagai penyetelan mulai dari penerbangan santai, hingga penerbangan tangkas, tergantung pada baterai yang dipasangkan padanya. Anda juga bisa memuatkan beban seberat 500 gr pada mesin terbang ini.

Biasanya ia juga dapat digunakan untuk berbagai fungsi seperti pemotretan aerial dan penerbangan malam. Pesawat yang memiliki empat rotor ini, dikendalikan dengan remote control biasa.

Japanese definite ministry spherical drone

ini adalah pesawat tanpa awak yang mulai mengerikan. Penampilannya mirip sebuah kamera yang mampu melayang di udara seperti yang ada di sebuah pertunjukan mirip kontes Hunger Games. Mainan ini mampu bergerak dengan cepat dan lincah. Ia bisa terbang secara vertikal dan horizontal pada kecepatan hingga 40 mil per jam. Dilengkapi dengan tiga sensor gyro di tubuhnya, ia dapat tetap melayang walaupun sudah menabrak sesuatu.

Ia bahkan dapat berguling di sepanjang tanah, seperti sebuah bola yang meluncur. Drone ini didesain oleh Kementrian Pertahanan Jepang, dan dibuat dari berbagai spare part yang memakan biaya nyaris US$ 1400.

JetLev Flyer
Foto 10 Gadget Terbang Masa Depan Mobil Terbang gadget  F6BF25C91F1A44B32EBCC357C6329B3

Sekilas, JetLev Flyer terkesan sebagai gadget konsep biasa. Tapi ia benar-benar ada – sebuah mesin terbang pribadi yang beroperasi menggunakan sistem tekanan air yang sangat rumit. JetLev Flyer merupakan hasil dari riset dan pengembangan selama sembilan tahun, dan mampu mewujudkan mimpi seseorang untuk beraksi dan berakrobat seperti di game Super Mario Sunshine, atau di film James Bond.

Dengan menggunakan mesin 4 tak. ia memungkinkan penggunanya melayang sekitar 1-feet di atas air dengan kecepatan tertinggi sekitar 30 mil per jam. Pengguna bahkan dapat menyelam sesaat ke dalam air dengan alat ini, untuk kemudian terbang kembali ke permukaan, persis seperti gerakan seekor lumba-lumba.

WP 500X-S Quad Flyer

Quadrocopter ini menggunakan tak banyak elemen dalam desainnya, sehingga mudah untuk dirakit, maupun untuk dilepas kembali untuk dimasukkan ke dalam kardusnya. Begitu pula bila mainan ini jatuh ke tanah. Anda akan mudah untuk memasangnya kembali.

Autonomous Quadrotor

Mesin ini dibuat oleh para ilmuwan dari lab General Robotics Automation, Sensing and Perception (GRASP) di University of Pennsylvania. Quadrotor autonomous itu didesain untuk terbang dengan tingkat presisi yang tinggi. Ia mampu bermanuver, melampaui celah-celah sempit, dan kemudian mendarat di atas permukaan. Biasanya, robot terbang ini beraksi secara berjamaah, sebagai sekumpulan robot yang bisa membentuk berbagai formasi.

Pada sebuah video yang dipresentasikan pada konferensi TED2012, sekelompok quadrotor bahkan mampu memainkan musik theme James Bond dengan berbagai instrumen berbeda.

Sumber:

  • http://berita.plasa.msn.com/photoviewer.editor.aspx?cp-documentid=6064194

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini