Home Tips Tips Atasi Kecanduan Minum Kopi

Tips Atasi Kecanduan Minum Kopi

2 11

Secangkir kopi di pagi hari memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Minuman berwarna hitam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Namun perlu diketahui bahwa ada batasan dalam mengonsumsi kopi. Minum kopi berlebihan justru memicu rasa mual, sakit kepala, hingga insomnia. Maka, mulailah mengontrol kebiasaan tersebut. Berikut ini ada jurus jitu untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan minum kopi, dilansir melalui methodsofhealing.

Mengurangi secara bertahap
Kari Gans, juru bicara dari American Dietic Association sekaligus penulis ‘The Small Change Diet’ mengungkapkan, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein, maka mulailah untuk mengurangi secara perlahan. Hal ini akan membantu mengurangi gejala-gejala perubahan yang cepat dan memberikan waktu adaptasi bagi tubuh untuk memulai kebiasaan baru.

Cari minuman pengganti
Kari Gans juga menyarankan Anda untuk mengganti kopi dengan minuman lain yang bebas kafein atau minum minuman dengan kadar kafein rendah, seperti teh atau cokelat. Meskipun kedua minuman tersebut masih mengandung kafein, namun bisa menjadi alternatif terbaik selama masa peralihan untuk menghentikan kecanduan kopi.

Minum air putih
Perbanyak minum air putih sebagai bagian dari detoksifikasi Anda. Tubuh yang terhidrasi akan mempermudah usaha Anda untuk menghentikan kebutuhan kopi, karena konsentrasi dan kesegaran tetap terjaga tanpa pengaruh kafein.

Olahraga
Melakukan aktivitas fisik merupakan jurus terjitu untuk memerangi perasaan lelah atau marah saat sedang dalam upaya menghentikan kebiasaan minum kopi. Menurut Gans, olahraga bisa merangsang produksi hormon endorfin yang membantu Anda merasa senang.

Makan makanan sehat
Hindari junk food yang mengandung kalori tinggi. Tak sekedar memperburuk kesehatan dalam jangka panjang, junk food juga turut andil menggagalkan usaha Anda untuk berhenti minum kopi. Perbanyak konsumsi karbohidrat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Makanan ini merupakan sumber energi, sehingga dapat mencegah Anda untuk minum kopi sebagai cara untuk mendapatkan energi tambahan.

Cukup tidur
Menurut National Sleep Foundation, kebanyakan orang Amerika tidak mendapatkan tidur yang berkualitas dan cenderung minum kopi untuk meningkatkan kebutuhan energi. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk membiasakan diri untuk mendapatkan tidur cukup. Tidur nyenyak membantu Anda untuk mendapatkan energi tanpa harus minum kopi.

Yoga
Stres dengan pekerjaan memang membuat pekerja mencari secangkir kopi. Secangkir kopi memang membuat tubuh merasa lebih rileks. Namun, coba ganti kebiasaan tersebut dengan melakukan yoga. Satu jam melakukan yoga atau hanya lima menit duduk tenang bisa membuat Anda merasa rileks.

Sumber:

2 COMMENTS

  1. trimakasih infonya,, saya bisa mencobanya,,
    soalnya sya sndiri dalam sehari bisa 3 kali untuk membuat kopi,,,huufftttt,,,, mkasih ya slam kenal :)

Leave a Reply