Inilah Khasiat Secangkir Sari Jeruk Nipis

Inilah Khasiat Secangkir Sari Jeruk Nipis

0 209

Buah jeruk yang kecil mungil ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Jeruk nipis memiliki daging buah masam dan rasanya mirip dengan buah lemon. Warna kulit buahnya hijau dan kuning jika sudah masak.

Jeruk nipis ini sering dimanfaatkan dalam dunia kecantikan misalnya, untuk mengecilkan pori-pori dan untuk mencerahkan kulit hanya dengan memaskerkan sari buahnya saja. Selain itu, dalam dunia kuliner jeruk nipis dipercaya bisa menghilangkan bau amis, minuman, tambahan membuat sambal dan sebagai penyegar.

Luar biasanya, buah yang kecil ini juga mempunyai manfaat lain dalam dunia kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Langsung saja simak khasiat secangkir sari jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini:

1. Obat batuk.
Jeruk nipis dikenal sebagai obat batuk tradisional yang sudah terbukti keampuhannya sejak dulu. Caranya, cukup masukan 5 ml sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan sesendok kecap aduk sampai rata dan minum sampai hambis. Beberapa saat kemudian nafas akan terasa lebih lega dan batuk akan reda. Saat menelannya akan terasa rasa seperti mint yang segar tapi tidak begitu kuat.

2. Menghilangkan mabuk perjalanan.
Mungkin beberapa orang pernah merasakan mabuk perjalanan, entah perjalanan udara, darat maupun laut. Ternyata jeruk nipis juga bisa menjadi obat penawar mabuk perjalanan lho. Caranya, tuang sari jeruk nipis ditambahkan sedikit gula dan air dingin, minum sedikit demi sedikit sampai perut Anda terasa nyaman. Ramuan ini bisa diminum sebelum maupun saat di perjalanan. Dijamin perut akan terasa lebih stabil dan nyaman selama perjalanan.

3. Obat masuk angin.
Jeruk nipis juga bisa menjadi obat masuk angin. Caranya, tuangkan sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan 1 sendok teh madu, dan air hangat, minum sesendok demi sesendok sari jeruk nipis hangat tersebut. Perut Anda akan lebih hangat dan udara yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan melalui sendawa.

4. Penyegar napas dan kurangi bau mulut.
Tidak perlu membeli obat kumur, karena jeruk nipis juga bisa mengatasi masalah mulut Anda. Caranya, peras sari jeruk nipis, jangan tambahkan air, hanya tambahkan madu saja. Aduk kemudian minum setiap hari 1-2 sendok, napas Anda akan lebih segar dan bau mulut perlahan akan hilang. Tapi ingat jangan lupa tetap gosok gigi yah!

5. Penghilang pegal-pegal dan rasa lelah.
Ingin tetap bugar setelah beraktivitas seharian? Coba saja racik ramuan dari jeruk nipis. Caranya, racik 2 sendok teh sari jeruk nipis, 1 cm jahe dimemarkan, 1 sendok makan madu, 200 ml air hangat, minum selagi hangat dan cobalah untuk tidur.

Racikan minuman ini efeknya akan lebih terasa jika diminum setelah mandi dan menjelang tidur. Keesokan harinya, tubuh Anda akan terasa lebih segar .

Bagaimana, penasaran dengan khasiat dan rasa ramuan dari jeruk nipis ini?
Dijamin, lidah kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa dari ramuan-ramuan tersebut. Mantapsss..!!

Sumber:

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini