Cara Mengemudikan Mobil Matic Bagi Pemula

Cara Mengemudikan Mobil Matic Bagi Pemula

33 859

Ada beberapa cara agar anda bisa memahami bagaimana cara mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis (matic) sehingga bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan:

- Bila anda sudah ingin start dengan transmisi matic anda pertama-tama injak pedal rem dan kemudian geser tuas transmisi menuju D (untuk bergerak maju) atau R (untuk bergerak mundur), sesuai kebutuhan anda.

- Setelah tuas digeser, lepas pedal rem yang anda injak dibarengi dengan menonaktifkan parking brake (rem tangan).

- Setelah melepas rem dan menonaktifkan parking brake, kemudian injak pedal gas secara perlahan. Perhatian, jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam, karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM.

- Bila anda terjebak macet dan anda harus berhenti, usahakan untuk menggeser tuas transmisi ke D, karena bila tidak digeser dapat membuat kopling transmisi automatic menjadi cepat habis (aus).

- Bila melewati jalanan menanjak geser tuas transmisi dari D ke L/1, karena posisi ini merupakan posisi dimana letak gear berada di tempat paling ringan, sehingga mobil dengan mudah dapat melewati tanjakan.

Foto Cara Mengemudikan Mobil Matic Bagi Pemula Mobil Mengemudi Matic  300X250 21082013 AUTOMOTIVE SET3

- Bila akan memarkirkan kendaraan geser tuas dari D ke P, karena biasanya jika tidak dilakukan, maka anak kunci tidak akan bisa dilepaskan.

- Bagi pengendara pemula atau orang yang sama sekali tidak dapat mengendarai mobil, belajar mobil dengan persneling matik justru jadi lebih mudah. Mengingat hanya perlu meletakkan atau mengistirahatkan kaki kiri di tempat injakan kaki (foot rest), dan menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas (akselerator) atau menginjak pedal rem.

- Pada mobil dengan persneling matik, dalam keadaan idle (pedal gas tidak diinjak), umumnya gas sudah cukup besar, sehingga apabila tuas persneling diletakkan di D (drive), mobil sudah akan bergerak perlahan dengan sendirinya. Itu sebabnya, sebagai pengaman, mesin tidak dapat dihidupkan, jika pedal rem tidak diinjak. Pedal rem harus tetap diinjak setelah mesin hidup. Sebab, jika tidak, tangkai persneling tidak dapat dipindahkan dari huruf P (parking) ke huruf D.

- Setelah mobil bergerak, konsentrasi pengendara hanya terpusat pada setir dan rem. Pengemudi sama sekali tidak perlu menginjak pedal kopling atau melepaskan injakannya saat menaikkan atau menurunkan gigi persneling seperti orang yang mengendarai mobil dengan persneling manual.

Mudah bukan!


Kata Kunci:
* yhs-fullyhosted_003 transmisi mobil matic panduan mobil matic les memgemudi gembira cara pengoperasian mobil matic cara pake mobil matik cara menyetir mobil matik cara mengoprasikan transmisi otomatis pada mobil cara mengoper transmisi honda freed cara mengendarai mobil a/t *

33 COMMENTS

  1. Pada Saat Macet Dipindah Kemana? + Boleh Tidak Jika Pada Saat Turun"-an Yang Curam Saya Memindahkan Transmisi Ke-N? Karena Jika Di D Mobil Ditakutkan Akan Sangat Kenceng Jadi Kalau Di-N Mobil Tidak Akan Mengeluarkan Daya Dorong / Mesin Diberentikan Jika Di-D Mobil Tetap Akan Mengeluarkan Daya Dorong / Mesin Tetap Berjalan Sehingga Akan Kenceng jika Diturun"-an… Apakah Benar? Tolong Dijawab Karena Akan Sangat Membantu Karena Tempat Les Saya Ditempat Yang Turunannya Sangat Curam :D

    • kalau curam banget ya di posisi 1 atau L karna bisa enggine break…..kalau di pindah ke n kasian Rem Nya cepat panas….kalau Tanjakan Curam ne Biasa Di posisi 2 enak banget buat manuver seperti jalan di Batu Malang Atau gunung gumitir banyuwangi maknyuss jalanya klau pake posisi 2 Atau 3 di terios matik…met mencoba..

  2. klu jalan diseputar komplek perumahan, mendingan geser tuas transmisi keposisi 2.
    ini bisa menghemat BBM & mesin lebih awet, dibandingkan dgn geser tuas transmisi keposisi D

  3. Bukan nya kalau lagi berhenti karena terjebak macet atau di lampu merah posisi tuas nya berada di N ( Normal )??

  4. ane naik terios matik seneng langsung pindah gigi ke dari d ke 3 pada posisi mau nyalip mobil lainya karna tenaga bisa jos kalao tetep pake d tenaggannya agak lemot,,,,, jadi posisi kenceng langsung aja
    dari d ke 3 ape cepet rusak ya….tq

    • Numpak mobil matic/manual,wes tau..numpak kapal/psawat..wes tau..numpak sepur y wes tau aq!! Tp sing paling penak………………..

      …Numpak Ba-Wuuuuk kwkwkwkwk…!

  5. Kalau sedang berada di jlan datar , begitu melihat tanjakan didepan , apakah transmisi kita pindahkan dengan berhenti terlebih dulu untuk memindahakan dari D ke 2, atau transmisi akan pindah sendiri ? Maksih banyak.

  6. pada saat melewati tanjakan,pemindahan persnling dari D ke L,ap di lakukan pada saat mobil msih dlm keadaan berjalan,atau berhenti dulu baru bisa pndah prsneling.? makasih

Tinggalkan Komentar Anda di Sini