Anda Ganteng? Berarti Lebih Cerdas

Anda Ganteng? Berarti Lebih Cerdas

7 348

Pria ganteng dan perempuan cantik sering dianggap dipayungi nasib baik. Penelitian baru ternyata mendukung pendapat tersebut. Menurut hasil penelitian, mereka yang bertampang menarik lebih pintar daripada kebanyakan orang.

Seperti dilansir Daily Mail, riset yang dilakukan di Inggris dan Amerika Serikat menunjukkan, pria dan perempuan menarik memiliki intelligence quotient (IQ) 14 poin di atas rata-rata kebanyakan orang. Penemuan ini memupus mitos yang berkembang bahwa si pirang itu bodoh atau pria ganteng tidak berisi.

Berdasarkan kajian yang dilakukan London School of Economics (LSE), mereka yang ganteng atau cantik akan menarik pasangan, tak hanya dari rupa, tetapi juga kepintarannya. Anak-anak dari pasangan ini cenderung mewarisi kedua kualitas itu.

“Daya tarik fisik secara positif berkaitan dengan kecerdasan umum, baik dengan ataupun tanpa kontrol dari kelas sosial, ukuran tubuh, dan kesehatan,” ujar periset LSE, Satoshi Kanazawa, kepada Sunday Times.

Hubungan antara daya tarik dan kecerdasaan umum juga lebih kuat terlihat pada pria daripada di kalangan perempuan.

Dalam riset lain tentang status sosial, Kanazawa menemukan bahwa gadis berstatus sosial menengah cenderung memiliki IQ lebih tinggi daripada mereka yang berasal dari kelas pekerja.

Di antara jutaan contoh kombinasi kecantikan dan otak, ada supermodel Lily Cole, yang menuntut ilmu di Cambridge University; aktris Kate Beckinsale, lulusan Oxford; dan fisikawan Brian Cox, yang pernah bermain keyboard bersama D:ream.

Di Inggris, penelitian menyatakan bahwa pria yang menarik secara fisik memiliki IQ rata-rata 13,6 poin di atas normal, sementara perempuan sekitar 11,4 poin lebih tinggi.

Kesimpulan Kanazawa berdasarkan National Child Development Study yang memantau sekitar 17.419 orang sejak mereka dilahirkan pada Maret 1958. Sepanjang masa kecil hingga awal masa dewasa, relawan diberi serangkaian tes untuk menguji kemajuan akademik, kecerdasan, dan tanda-tanda penampilan.

Sementara itu, riset di Amerika didasarkan pada National Longitudinal Study of Adolescent Health yang melibatkan penelitian serupa dari 35.000 orang Amerika usia muda.

“Menurut kami, orang cantik lebih pintar adalah ilmiah. Ini bukan hukum untuk memperlakukan atau menilai orang lain,” ungkap Kanazawa yang memuat risetnya dalam jurnal Intelligence.

7 COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini