WOW..!!! Dengan Penemuan Ini Sapi Mampu SMS Petani

WOW..!!! Dengan Penemuan Ini Sapi Mampu SMS Petani

0 116

Foto WOW..!!! Dengan Penemuan Ini Sapi Mampu SMS Petani sms sapi Petani Nintendo Wii 3G  Sapi+Unik Binatang+Unik sapi+sms+petani2

Baru-baru ini peneliti telah menemukan sebuah teknologi sensor yang dapat memonitor kesehatan  binatang ternak. Sensor tersebut telah  dikembangkan untuk membantu petani dan  dikabarkan proyek pengembangan tersebut telah  menghabiskan dana sekira 1,4 juta poundsterling.

Seperti yang dilansir Physorg, Kamis  (23/2/2012), peneliti dari Strathclyde  University di Skotlandia telah menciptakan  sejenis kerah (collar) cerdas yang dilengkapi  sensor untuk menangkap gerakan halus dari sapi.

Teknologi sensor collar ini diberi nama ‘Well Cow and Embedded Technology Solutions’. Prinsip kerja dari teknologi sensor collar ini  sama seperti halnya yang digunakan pada Nintendo  Wii, dengan menghasilkan pola rekaman tertentu  dari aktivitas gerakan sapi.

Hasilnya dari gerakan tersebut, kemudian dikirimkan secara nirkabel dengan memanfaatkan  jaringan 3G, dengan update secara menyeluruh  yang dapat diakses petani melalui ponsel.

Saat sapi menunjukkan kondisi tertentu, seperti  sakit, kepanasan, atau dalam keadaan bahaya,  petani dapat mengetahui kondisi sapi dari sebuah  pesan singkat seperti halnya SMS.

Teknologi nirkabel pada collar tersebut, memungkinkan petani untuk mengontrol kondisi  sapi dengan bebas, di manapun ia berada. Petani dapat mengetahui kondisi sapi saat sakit, bahkan  ketika sapi sedang ‘bergairah’ dan siap melakukan proses inseminasi (kawin).

Profesor Jim McDonald, Rektor Strathclyde University mengatakan, “Adalah penting bahwa inovasi teknologi mampu memberikan dampak sosial yang positif dan dapat meningkatkan pembangunan ekonomi serta memberikan kontribusi untuk semua bidang, saya senang melihat teknologi ini, memiliki progres yang baik dan terus berlanjut. Sebuah penelitian dan produk yang bernilai dan berkualitas tinggi”

Sumber:

  • http://informasigila.blogspot.com/2012/02/wow-dengan-penemuan-ini-sapi-mampu-sms.html

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini