Apa Manfaat Magang?

Apa Manfaat Magang?

2 221

Suatu hari kami mendengar keluhan seorang sahabat yang tengah menjalani masa magang di sebuah perusahaan.

“Selama magang saya hanya disuruh melakukan pekerjaan sepele seperti membuatkan kopi, memfotokopi dokumen, atau mengangkat telepon. Saya tak mengerti apa kegunaan magang untuk bekal saya nanti saat bekerja sungguhan,” keluhnya.

Menurutnya, magang merupakan proses yang sia-sia; hanya membuang waktu, tenaga, dan tidak ada manfaatnya bagi keberhasilan kariernya kelak.

“Toh saya tidak mendapat gaji di situ,” tambahnya.

Apa iya magang tak membawa manfaat? Meski efeknya tak dirasakan langsung, menjadi pegawai magang bisa memberi Anda manfaat berupa pengalaman berharga.

Melissa Benca, Kepala Divisi Pengembangan Karier di Marymount Manhattan College, New York, mengatakan, “Para lulusan baru dengan pengalaman magang dalam CV akan mendapat kesempatan jauh lebih baik saat mencari pekerjaan setelah lulus. Banyak dari mereka yang mengambil program magang tanpa bayaran dengan harapan mendapat posisi permanen setelah lulus, atau setidaknya sebagai jalan membangun jaringan kerja dan menambah pengalaman dalam CV,” kata Melissa.

“Saat Anda mungkin masih mendapat perintah membuat kopi di pagi hari, di saat yang sama Anda juga mendapat kemungkinan memberi kontribusi substansial dalam rapat di mana Anda menyajikan kopi,” imbuhnya. Yang jelas, tanpa Anda sadari, program magang memberi banyak keuntungan bagi Anda yang sedang dalam masa peralihan, dari dunia pendidikan ke dunia kerja.

• Magang merupakan sarana untuk uji coba diri dalam dunia kerja. Anggap saja Anda sedang melalui “test drive”. Kalau enak dipakai akan dibeli, dan jangan sakit hati kalau tak jadi dibeli. Setidaknya Anda tahu ada yang harus diperbaiki sehingga nilai jual Anda semakin tinggi.

• Ada perusahaan yang lebih senang mengambil pegawai yang sudah terbiasa dengan cara bekerja mereka dan enggan memasukan orang-orang baru. Magang menjadi salah satu cara mendapat pekerjaan di perusahaan seperti ini. Gunakan kesempatan magang untuk “menjual” diri Anda.

• Saat magang, Anda otomatis mengenal beberapa orang yang sudah berada dalam dunia kerja. Perkenalan dengan mereka akan menjadi awal jaringan Anda.

• Jika magang Anda jalani dengan baik, laporan magang Anda kemungkinan besar sama baiknya. Bukankah ini kesempatan mendapat nilai semester yang bagus?

• Magang juga bisa menjadi sarana pertimbangan diri. Anda mungkin magang di sebuah perusahaan, tapi ternyata tak cocok dengan jenis pekerjaan magang itu. Cobalah cari tempat magang yang berbeda sambil mencari tahu, sebenarnya pekerjaan dan perusahaan seperti apa yang Anda sukai?

• Tak semua yang Anda pelajari di bangku sekolah atau kuliah bisa diterapkan langsung di dunia kerja. Beberapa hal harus Anda pelajari langsung di lapangan. Saat magang, seraplah ilmu di dunia kerja sebanyak mungkin, termasuk ilmu dalam menghadapi atasan galak, rekan kerja menyebalkan, atau klien yang banyak menuntut. Jika tak pernah magang, bagaimana cara mempelajari hal-hal semacam ini?

Kabar baiknya, ada beberapa perusahaan yang memberikan uang saku — ya, bukan gaji — untuk para pegawai magang. (msn)

2 COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini