Home Serba Serbi Inspirasi Sejak Tahun 2000, Warga Kampung Kuskusu Minum Air Hujan

Sejak Tahun 2000, Warga Kampung Kuskusu Minum Air Hujan

0 6

Di ujung Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, terdapat 120 orang yang masuk dalam 35 kepala keluarga yang bertahun-tahun mengandalkan air hujan untuk keperluan minum. Mereka bermukim di kampung Kuskusu, Kelurahan Kasawari, Bitung.

Sejak tahun 2000 masyarakat kampung Kusukusu menampung air hujan untuk dijadikan sumber air minum. “Kami minum air hujan yang kami tampung di dalam bak penampung air,” ujar Dorman Brambae, seorang warga Kusukusu.

Foto Sejak Tahun 2000, Warga Kampung Kuskusu Minum Air Hujan air bersih  Walikota Bitung Hanny Sondakh2

Walikota Bitung Hanny Sondakh

Sebelumnya, kampung itu dapat mengonsumsi air minum yang disalurkan dari kampung Dembe Kasawari dengan memakai mesin pompa air. “Sekarang mandi, cuci, dan minum pakai air hujan. Dulunya  ada bak penampung yang disediakan oleh pemerintah tetapi tidak terpakai. Hanya selesai dibuat lalu ditinggalkan begitu saja. Sampai sekarang bak penampungan air minum itu sudah terlantar,” kata Dorman.

Keluhan demi keluhan yang diungkapkan warga kepada pemerintah setempat,  sampai hari ini tidak mendapat respons. “Warga sudah bosan. Setiap ada Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah, kami selalu mengeluhkan masalah air, tapi sampai saat ini pemerintah Bitung belum bisa memfasilitasinya. Kebetulan saya juga Ketua Rukun Tetangga di sini, dan warga-warga yang di depan Bapak wartawan ini sudah menangis dengan perlakuan Pemerintah Bitung,” ucap Dorman, awal tahun 2012 ini.

Beberapa warga yang menanyakan kinerja Pemerintah Kota Bitung, mengharapkan agar dapat memperhatikan tentang air bersih untuk warga kampung Kusukusu. “Harapan kami, Walikota Hanny Sondakh memperhatikan air bersih di Kampung Kusukusu ini. Beliau kan sudah dua kali menjabat Walikota Bitung, pastinya bisa memperhatikan air minum kami,” kata Dorman.

Sumber:

->

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini