Home Tips Trik Mendulang Emas dari Komputer Bekas

Mendulang Emas dari Komputer Bekas

0 34

Anda pasti sudah tau Mengapa Emas Begitu Berharga ? Kali ini kami akan mengajak anda untuk mendulang emas dari perangkat elektronik yang sudah tak terpakai lagi, khususnya komputer bekas.

Emas Terutama digunakan dalam perhiasan, emas (simbol kimia Au) juga digunakan secara umum di bidang manufaktur (industri elektronik dan komputer khususnya) karena sangat baik dalam hal konduktivitas panas dan listrik, ketahanan terhadap oksidasi, dan inalterability.Industri komputer menggunakan beberapa ratus ton (318 ton pada tahun 2003, misalnya) unsur emas setiap tahun.

Logam mulia ini ditemukan di hampir semua komponen komputer – prosesor, motherboard, kartu grafis, DIMM memori, dan lain sebagainya. Tentu saja, jumlah yang digunakan di setiap bagian sangat kecil. Tetapi dengan harga emas meroket dalam beberapa tahun terakhir, itu menjadi harga lebih dan lebih ekonomis juga layak untuk menambang emas dari komponen elektronik dan komputer bekas seperti itu. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan khusus bermunculan untuk melakukan hal ini.

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 0116

Sekarang, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana kita mendulang emas dari motherboard lama menggunakan metode “do-it-yourself” (lakukan sendiri) . Harap diperhatikan: bahan kimia yang digunakan dalam demonstrasi ini adalah sangat berbahaya, terutama pada konsentrasi yang digunakan. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar anda tidak mencoba untuk mereproduksi percobaan ini di rumah.

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 0216

Emas ditemukan di berbagai tempat pada motherboard: konektor IDE, slot PCI Express, PCI, AGP, ISA, dan port2 lain, pin jumper, soket prosesor, dan slot DIMM (SIMM di motherboard yang lebih tua).

Semua konektor ini sering ditutupi dengan lapisan emas beberapa mikron tebalnya, disimpan dengan cara flashing atau pelapisan.

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 0316

Jadi, tahap pertama dari percobaan ini adalah untuk mengumpulkan semua pin dan konektor. Kita perlu tang dan cutter, obeng minus dan plus (Philips), dan lainnya…

 

Kita memerlukan banyak pin dan konektor dll, makanya kumpulin sebanyak mungkin barang bekas motherboard dari donor anda…! hehe

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 0516

… Bersama dengan beberapa peralatan dan bahan kimia.

Untuk mendapatkan beberapa mikrogram emas yang tersimpan di pin, kita akan menggunakan metode sel elektrolitik. Nampan kaca ini terdiri dari 95% larutan asam sulfat. Katoda di nampan dan anoda di pin tembaga. ( lihat gambar )

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 0716

Dengan menjalankan arus listrik melalui sel, dengan menggunakan pengisi baterai biasa, tembaga anoda (jepit di pin) larut dan diendapkan pada katoda di nampan. Emas, terlepas dari tembaga, akan membentuk sedimen di bagian bawah sel nampan. perlu dicatat bahwa suhu bak meningkat secara signifikan selama proses ini.

 

Setelah semua pin kita mandikan atau celupin dan emasnya sudah terlepas, diamkan dulu sebentar bak mandi kita, agar mengendap emasnya dibawah, lalu larutan asam sulfat tadi kita simpan sebanyak mungkin sampai tersisa ampas emas dibawah nampan (bak).

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 0916

Hati-hati untuk menuangkan asam ke dalam air, dan bukan sebaliknya! Jika Anda salah melakukannya, pertama tetesan air yang menyentuh permukaan asam sulfat akan segera menguap dan dapat menyebabkan percikan asam. jadi tuang asam ke air dan bukan air tuang ke dalam larutan asam!.

 

dan menghasilkan cairan sulfat yang encer, berbagai logam ( termasuk emas ) dan sampah lain perlu disaring terlebih dahulu, kenapa kita tidak langsung menyaringnya? karena saringan sulit untuk menyaring cairan yg kental.

Yang tersisa di filter adalah campuran dari berbagai logam dan kotoran. sekarang semuanya larutkan dalam campuran asam klorida 35% dan pemutih klorin (sodium hipoklorit) sebesar 5%, dalam proporsi 2: 1.
dimana: 2 HCl + NaClO -> Cl2 + NaCl + H2O

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 1216

Hati-hati! Reaksi sangat eksotermik dan menghasilkan klorin, gas yang sangat berbahaya. Gas khlor digunakan sebagai senjata kimia selama Perang Dunia pertama, di namakan bertholite.

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 1316

nyatanya, klorin diproduksi oleh pencampuran asam klorida dan pemutih klorin inilah yang akan melarutkan emas dan membentuk klorida emas (III) dimana: 2 Au + 3 Cl2 -> 2 AuCl3

Sekarang, yang perlu kita lakukan adalah menyaring semuanya sekali lagi. Filter akan mempertahankan semua kotoran, hanya menyisakan emas (III) larutan klorida.

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 1516

Untuk menghasilkan emas metalik, kita perlu untuk mengendapkan emas yang berada didalam larutan, kita gunakan bubuk sodium metabisulfite, dengan adanya air, sodium metabisulfite akan menghasilkan sodium bisulfite.

dimana: Na2S2O5 + H2O –> 2 NaHSO3

sodium bisulfite ini yang akan mengendapkan emas.

dimana:3 NaHSO3 + 2 AuCl3 + 3 H2O –> 3 NaHSO4 + 6 HCl + 2 Au

Foto Mendulang Emas dari Komputer Bekas logam mulia komputer bekas komponen elektronik emas  or gold cartes meres 1616

sekarang kita diamkan, lihat endapan bubuk coklat dibagian bawah gelas, hati2 jangan kita hilang barang sedikitpun, itulah EMAS metalik!.

lalu yang perlu kita lakukan ialah mencairkan bubuk ini dalam wadah lain, Titik lebur emas adalah sekitar 1064 ° C (1947,52 ° F), sebuah pembakar bertenaga gas oxy-butane dapat melakukan tugas ini.

 

Lihatlah hasilnya, butiran emas!, secara ekonomis apakah ini akan menjadi masalah?, tentu saja tidak, proses ini hanya layak digunakan pada skala industri, butiran emas kecil yang kita hasilkan hanya benilai beberapa ratus ribu saja, pada kenyataanya, pabrik pengolahan limbah seperti ini menggunakan teknik dan bahan kimia yang lebih berbahaya, tips ini menarik dan menyenangkan bukan? agar kita tahu bahwa bisa mendulang tambang emas sendiri dari bahan bahan komputer bekas sendiri.


Kata Kunci: * cara mendulang emas elektronik * harga hcl untuk mendulang emas * komputer bekas *

Leave a Reply