Mau Tahu Beda Ravioli, Lasagna, dan Fetuccini?

Mau Tahu Beda Ravioli, Lasagna, dan Fetuccini?

0 133

Dari satu bahan yang hampir sama, lahir beragam nama. Inilah pasta, bahan makanan asal Italia.
Yang paling populer di sini selain spageti, adalah ravioli, lasagna, dan fetuccini. Boleh dibilang sama bahannya, namun beda rasananya setelah menjadi hidangan.

Ravioli adalah pasta yang satu ini bentuknya mirip pastel. Terdiri dari dua lembaran pasta yang dalamnya bisa diisi. Isinya pun bisa macam-macam, dari daging sapi, ayam, jamur, keju, hingga olahan //seafood//.

Lasagna, adalah pasta yang satu ini berbentuk lembaran-lembaran yang diberi isi dan disusun-susun. “Umumnya, lasagna memiliki tujuh lapis,” kata Chef Bolsieri, pakar kuliner Italia di sebuah hotel berbintang di Jakarta. Umumnya, Lasagna diisi dengan daging sapi cincang dan keju mozarella.

Sedang fettucini adalah pasta yang satu ini bentuknya seperti mie gepeng, namun agak tebal. Fetuccini yang paling terkenal adalah Fettucini Alfredo, yaitu fettucini yang dicampur dengan saus dan ditambah dengan udang.

Selain ketiganya,m ada jelis olahan pasta lainnya, yaitu:

Gnocchi
Gnocchi merupakan pasta olahan yang terbuat dari kentang. Kentang rebus yang telah dihancurkan dibuat sebagai bahan pencampur terigu. Gnocchi umumnya disajikan dengan saus tomat.

Tortelloni
Pasta yang satu ini bentuknya menyerupai pangsit isi. Umumnya, tortelloni diisi dengan keju ricotta dan daun-daunan seperti bayam. Sama seperti pasta pada umumnya, penyajian tortelloni biasanya disiram dengan saus tomat.

Orecchiette
Pasta berukuran kecil berbentuk lingkaran gepeng seperti disc. Umumnya, berdiameter dua senti. Orecchiette umumnya dipadukan dengan saus sayuran. Bisa ditambahkan polong-plongan dan jamur.

Cannelloni
Cannelloni adalah pasta berukuran kecil seperti makaroni. Namun, bentuk cannelloni menyerupai pipa kecil. Biasanya disajikan dengan saus tomat kemudian dipanggang.

Cavatelli
Cavatelli merupakan pasta berbentuk seperti kerang berukuran kecil. Umumnya, cavatelli diolah dengan campuran sayuran seperti brokoli dan tomat. Bisa juga ditambahkan polong-polongan.

Capellini
Jika sudah familiar dengan spaghetti, maka capellini adalah bentuk pasta seperti spaghetti namun berukuran sangat tipis seperti rambut. Karena teksturnya yang sangat lembut, maka diberi nama rambut malaikat. Pasta ini disajikan dengan saus yang ringan seperti minyak zaitun atau keju.

Farfalle
Fafalle memiliki bentuk unik seperti dasi kupu-kupu pada tuxedo pria. Pasta ini biasa digunakan untuk campuran salad. Bisa juga diolah dengan saus ringan seperti minyak zaitun, keju, dan mentega.

Sumber: hangat-news.blogspot.com/2011/11/mau-tahu-beda-ravioli-lasagna-dan.html

Mau Tahu Beda Ravioli, Lasagna, dan Fetuccini?

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini