Bobot Internet dalam Satuan Gram

Bobot Internet dalam Satuan Gram

4 165

Seorang matematikawan baru-baru ini menghitung, bahwa pembaca eBook  ternyata turut ‘bertambah berat badannya’ seiring dengan semakin bertambah banyaknya e-book yang di koleksi olehnya.

Matematikawan ini menyatakan, pertambahan berat badan pembaca eBook terjadi karena energi yang didapat elektron saat menyimpan informasi dan berat energi itu sendiri. Lalu, bagaimana dengan berat internet?

Menambahkan eBook dalam tablet membuat perangkat ini bertambah beratnya. Kini, kanal sains YouTube Vsauce menggunakan matematika sama untuk menghitung massa keseluruhan internet.

Secara mengejutkan, seperti dikutip DM, diketahui massa keseluruhan internet ini hanya 50 gram atau kurang lebih seberat satu buah strawberry besar.

Vsauce mengatakan, 50 gram merupakan berat semua elektron dalam listrik yang dibutuhkan agar internet bisa bekerja dengan asumsi 75-100 juta server yang mendukung internet, kecuali komputer rumahan.

Kebutuhan listrik yang ada setara 40 miliar watt yang beratnya setara satu buah strawberry besar. Namun jika komputer disertakan, maka beratnya akan setara tiga buah strawberry besar.

Sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1792866/ingin-tahu-seberapa-berat-internet
Gaptek Update Permalink:

4 COMMENTS

  1. kira kira, ngitungnya adalah dengan mengalikan jumlah kebutuhan listrik yg 40 milyar watt itu dengan massa elektron….

    ketemulah angka total keseluruhan massa elwktron yg digunakan tsb bila disatukan sbesar 50 gram tsb.

    kira2 loh ini….

Tinggalkan Komentar Anda di Sini