Apa Itu Transgender “Cewek di Dalam Tubuh Cowok”

Beberapa hari belakangan berita tentang Dena Rachman seorang mantan artis cilik era 90-an ramai di mana-mana. Namanya dulu Renaldy Rachman. Memulai karir sebagai bintang iklan sebuah produk alat tulis, karirnya lalu berkembang saat diajak teman bokapnya jadi penyanyi. Tapi, cowok kelahiran Jakarta, 30 Agustus 1987 itu baru benar-benar direken saat menjadi presenter acara Krucil di SCTV. Sekarang, setelah sekian lama menghilang, Renaldy kembali jadi omongan. Hanya saja, bukan karena karir keartisannya. Melainkan karena perubahan besar-besaran yang terjadi dalam dirinya.Sebelum kita bahas apa itu transgender ? Kita kenali dulu kasus Dena Rachman ini.

Yap. Sekarang Renaldy berubah menjadi Dena Rachman. Dan, perubahan tersebut nggak hanya pada nama, melainkan juga pada tampilannya. Renaldy alias Dena Rachman sekarang berubah jadi cewek!

Dena mengaku kalau sejak kecil sudah merasa bahwa dirinya adalah seorang cewek. Hanya saja, terjebak di dalam tubuh cowok! Ini dirasakannya kira-kira sejak berumur lima tahun.

“It’s a gradual phase . Saya selalu merasakan sesuatu yang berbeda. I know it sounds so typical , tapi itulah yang saya rasakan. Nggak ada seorang pun yang benar-benar bisa merasakan apa yang saya rasakan,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Konflik batin berkepanjangan lalu dirasakan oleh Dena.

“It’s hard to describe . Awalnya merasa aneh, canggung, bersalah, bingung, dan marah. Kemudian datang fase di mana…. I hate my self so much and feel rejected ! Aku mencoba bersikap normal, tapi aku merasa nggak nyaman. My body rejects. And at that time, my friends were feeling uncomfortable with me when I pretend to be normal. It’s just ridiculous ,” beber Dena lebih lanjut.

Anak kedua dari empat bersaudara ini mengaku kerap mencari jawaban atas keresahannya tersebut. Setelah bertahun-tahun akhirnya Dena sampai pada sebuah keputusan besar dalam hidupnya.

“I made the final decision since I graduate from high school and starting to change since college .Saya memutuskan menjadi seorang transgender,” ungkap lulusan Jurusan Komunikasi, Universitas Indonesia ini, mantap.

Kenapa Dena membuat keputusan seperti itu?

“Karena saya yakin Tuhan nggak mungkin pernah membuat kesalahan pada ciptaan-Nya. I’m just trying to be positive and take into account of all beautiful things that I’ve been given. God makes no mistake. There must be some plan for me .”

Terus, gimana dengan tanggapan ortu dan teman-temannya?

“Kalau ortu awalnya memang menolak. Mereka berusaha membuat saya kembali normal. Tapi pada akhirnya mereka bisa menerima keadaan saya. Bahkan, mereka sangat men-support . Sementara teman-teman, when I start to feel comfortable with myself, my friends are okay with me. They support me no matter what ,” ujar Dena yang saat ini sedang merampungkan kuliah MBA in Design, Fashion & Luxury Goods di Alma Graduate School – University of Bologna, Italia, ini.

APA ITU TRANSGENDER?

banyak hal yang bisa kita pelajari dari Dena . Salah satunya, tentu saja tentang transgender. Mungkin banyak yang sudah dengar istilah ini. Tapi, mungkin juga belum semuanya ngerti apa itu transgender.

For your info saja, transgender adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa nggak nyaman dengan kondisi fisik kelaminnya, kemudian mengadakan perubahan besar-besaran dengan mengganti kelaminnya menjadi sama dengan lawan jenisnya. WHO, badan PBB yang menangani masalah kesehatan, mengklasifikasikannya dalam ICD-10 (International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems 10th Revision) di Bab V Chapter F60-F69 sebagai klasifikasi medis untuk gangguan kepribadian dan perilaku dewasa (disorders of adult personality and behaviour).

Pada kasus Dena, dia merasa nggak nyaman jadi seorang cowok. Sebab, jauh di lubuk hatinya, dia memang merasa bahwa dirinya seorang cewek. Makanya dia akhirnya memutuskan pindah kelamin jadi cewek.

Harus dicatat, istilah transgender ini nggak cuma berlaku untuk cowok yang pindah kelamin jadi cewek. Tapi juga sebaliknya, cewek yang pindah kelamin jadi cowok.

Pertanyaan berikutnya, kenapa mereka bisa merasa terjebak dalam tubuh yang salah? Jawabannya, banyak penyebabnya.

Secara medis konon “kekacauan” ini disebabkan oleh kromosom. Kromosom adalah suatu struktur yang membalut DNA, si pembawa informasi genetik. Kromosom ini pembawa gen pada makhluk hidup.

Seorang peneliti bernama Thomas Hunt Morgan pada tahun 1910 menyatakan manusia punya 46 buah kromosom dengansistem penentuan kelamin XY. Pada cewek, ada dua kromosom yang sama (XX). Sedangkan pada cowok punya dua kromosom yang berbeda (XY). Toh, meski begitu bukan berarti nggak ada pasangan kromosom yang “nyeleneh”.

Menurut ahli genetika, Dr Singgih Widjaya SpGK dalam sebuah wawancara, kelainan kromosom biasanya terjadi saat pembuahan, yaitu saat sperma bertemu dengan sel telur. Di saat itu terjadi pembelahan dua kali, hingga akhirnya mengurangi jumlah kromosom yang semestinya ada. Harusnya 46, jadi tinggal 23 saja. Kondisi inilah yang jadi pemicu munculnya karakter yang berbeda dalam diri seseorang. Contohnya Dena, dia memiliki sifat dan perasaan layaknya seorang cewek, meski pada kenyataannya bentuk tubuh dan alat kelaminnya adalah cowok!

Penyebab lain, lingkungan juga ikut berperan dalam makin kukuhnya karakter yang bersangkutan. Maksudnya, sikap dan perlakuan lingkungan (terutama orang-orang terdekat) yang bisa menerima keadaan berbeda itu ujung-ujungnya bikin yang bersangkutan makin yakin untuk merubah kelaminnya. Seperti yang Dena bilang, ortu dan teman-temannya bisa menerima keadannya dan bahkan men-support-nya, kan?

So, salahkah Dena atau teman-teman lain yang seperti Dena? Rasanya nggak pantas kita menjawab pertanyaan ini dengan cara men-judge benar atau salah. Lebih baik kita introspeksi diri masing-masing, lalu melanjutkan hidup dengan jalan masing-masing secara positif….

 


Kata Kunci:
  • artis trio kwek kwek yang operasi
  • ipeh dan entong
  • maissy pramaisshela
  • renaldy atau geovani
  • apa transgender itu
  • apa itu transjender
  • transjender ke cowo
  • apa itu transgender
  • maissy pramaisshela hamil

18 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Zona Blogger Nov 28, 2011 pukul 10:51 AM - Reply

    hahahaha,,, masa ulun di bari postingan ini, wkwk,,, hahaha,,, dilahirkan laki-laki, menjalani proses kehidupan dengan cara laki-laki, dan kembali juga laki-laki, ini baru syukur nikmat, wkwkwk,,,

    • EBO Nov 28, 2011 pukul 11:05 AM - Reply

      ini soal jiwa har,, jiwa jiwa yang sesat karena maksiat. wokwokwokwowo

  2. Korea Terbaru Apr 13, 2012 pukul 6:15 PM - Reply

    awwww,,, menyeramkaaan

  3. septi Mei 31, 2012 pukul 12:21 PM - Reply

    mau apalagi…? tapi setidaknya dikontrol lah.. jangan terlarut..!!!

    • mals Mei 31, 2012 pukul 12:28 PM - Reply

      manusia gak ada yang sempurna tapi saya setuju kalau itu semua perlu dikontrol. kami org normal menerima kalian apa adanya jadi jangan terjerumus ke kelompok yang menyesatkan…

  4. mulf Mei 31, 2012 pukul 12:24 PM - Reply

    haha… lucu yah…

  5. rizkylife Jun 5, 2012 pukul 1:42 PM - Reply

    bukannya itu fotonya geovanni ya?? O’on nih yg posting

    • EBO Jun 5, 2012 pukul 3:16 PM - Reply

      makasih caci maki nya ^^

    • Silvia Jun 21, 2012 pukul 9:01 PM - Reply

      tapi kan om dengan memasang foto giovani membuat orang mengira dia artis transgender juga -________-
      lagipula kan yang jadi contoh dalam artikel ini kan renaldi bukan giovani -______-

  6. wilda Jun 15, 2012 pukul 12:45 PM - Reply

    Om/Tante Admin, kayax cowok berbaju biru itu bukan Reynaldi deh. Itu fotonya Geofanny. Kalu reynaldi kecil yang ini nie

    • wilda Jun 15, 2012 pukul 12:49 PM - Reply

      Maaf,,rupanya om Admin ^_^

    • EBO Jun 15, 2012 pukul 11:32 PM - Reply

      sama seperti komen caci maki sebelumnya, ini artikel tentang transgender. semua gambar yang ada alam artikel ini murni ilustrasi belaka, bukan artikel khusus tentang geovanni ataupun reynaldi.

  7. Andi Irawan Jun 19, 2012 pukul 10:21 AM - Reply

    only we ourselves who know who we are ..

  8. Willy Orlando Jun 28, 2012 pukul 8:32 PM - Reply

    salut wa buat loe yg dulu mantan penyanyi cilik
    gila loe jadi cantiek perubahan perfect

    • Willy Orlando Jun 28, 2012 pukul 8:35 PM - Reply

      indonesia semakin banyak kaum trangender yg cantiek2

  9. vby Jul 25, 2012 pukul 8:15 AM - Reply

    Emang geofanny transgender juga? Gak bukannya? Bukannya dia cuma sedikit gemulai aja ya, tp dia gak brubah kayak renaldi bukannya?

  10. Putra Dharma Agu 14, 2012 pukul 2:50 PM - Reply

    walah, g apa apa lah transgender, asal pas aja sama muka, banyak2in ngaca.. Pantesny jd cowo /cewe.. Xixixii

  11. Eka Kusuma Ariesvi Okt 25, 2012 pukul 6:39 AM - Reply

    itukan foto geofanny..emang reynaldi sama geofanny sama ya?perasaan beda deh.. :O

Leave A Response