Tips Menaikkan Berat Badan Untuk Anda yang Kurus

Tips Menaikkan Berat Badan Untuk Anda yang Kurus

54 554

Menaikkan berat badan bagi beberapa orang mungkin bisa sesulit menurunkan berat badan terhadap orang obesitas. Badan terlihat kurus kadang dinilai kondisinya sehat jika dibandingkan terhadap badan yang obesitas.

Tetapi, kekurangan berat badan terlalu drastis cukup mengkhawatirkan jika apabila merupakan akibat penangaruh dari gizi buruk ataupun kondisi medis, dan memiliki masalah terhadap kesehatan lainnya.

Jika badan terlalu kurus, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter serta ahli gizi. Dengan cara berkonsultasi dengan dokter juga ahli gizi, akan bisa mendorong menaikkan berat badan tentunya dengan cara yang lebih sehat.

Seperti diambil dari MayoClinic, berikut merupakan beberapa cara sehat yang bisa untuk menaikkan berat badan bagi orang yang memiliki  berat badan kurang alias kurus:

1. Frekuensi Makan lebih sering
Bila berat badan kurang, seseorang mungkin akan merasa kondisi lebih cepat kenyang. Dengan pola makan 5-6 porsi kecil diyakini lebih baik daripada 2-3 kali dalam jumlah porsi yang lebih besar.

2. makanan yang kaya gizi
Sebagai bagian dari pola diet sehat yang utuh, maka pilihlah makanan mengandung gizi tinggi. Dengan pilihan makanan yang memiliki gizi tinggi, seperti  roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, sumber protein rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes
Lebih baik tidak mengonsumsi kopi ,soda,  dan jenis minuman lainnya yang memiliki sedikit kalori serta nilai gizinya rendah. Ada baiknya, minum smoothie juga shakes lebih sehat, minuman yang dibuat dengan susu yang memiliki rendah lemak serta jus segar.

Seperti dibeberapa kasus minuman cairan pengganti makan mungkin juga dianjurkan . Sebaiknya minum cairan pengganti makan pada saat 30 menit sebelum atau mungkin setelah makan. Ini dimaksudkan agar menghindari perut terasa kenyang sebelum makan.

4. Mengkonsumsi makanan ringan padat kalori
Camilan seperti kacang-kacangan, atau selai kacang, alpukat, keju,dan  buah kering. Cobalah kombinasi cemilan mengadung padat kalori, seperti :

a. Selai kacang dan sandwich jelly
b. Sandwich dengan irisan sayur
c. Sandwich dengan keju
d. Sandwich dengan alpukat
e. Sandwich dengan daging

5. Mengkonsumsi lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari
Dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari, dengan cara kombinasi makanan misalnya:

a. Sup dan telur dadar
b. Keju di casserole
c. Susu tanpa lemak

6. Mengontrol asupan gula serta lemak
Walaupun ketika badan dalam kondisi sangat kurus, sadarilah apabila terjadi kelebihan gula juga lemak. Mengontrol pola konsumsi makan juga seperti menyediakan nutrisi, antara lain muffin gandum, atau yoghurt, dan pie buah.

7. Olahraga
Olahraga dengan teratur, utamanya latihan kekuatan, bisa membantu menaikkan kondisi berat badan dengan cara membentuk otot-otot pada tubuh. Olahraga juga diyakini bisa meningkatkan nafsu makan, yang akhirnya membantu meningkatkan berat badan


Kata Kunci:
* natur e bikin gemuk cara menambah berÀt badan macam olaragaenaikan berat badan si kurus makanan minuman penggemuk badan program penggemukan badan *

54 COMMENTS

  1. ulun kawa jua kah yo belamak….

    anu itu yang nmr 3 “Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes” minuman apa tu contohnya?

    • jangan gen. bulat kena ngalih di gelindingkan. wkwkwk
      smoothies itu minuman yang di haluskan, semacam keq jus buah buahan yang di blender
      kalo shakes itu yang di kocok2, keq milkshakes…

  2. sudah dilakukan tapi kok kurang berhasil. trus apa yang saya lakukan?
    padahal saya pengen sekali gemuk. kadang kurang PD low kumpul ma teman2.

  3. Semua tidak akan berhasil gan, kenapa? karena tubuh kurus kebanyakan di pengaruhi oleh kerja metabolisme yang terlalu cepat, jadi seberapa banyak anda makan tetap saja kurus termasuk saya sendiri 171cm cuma 43kg kurus banget kan.
    Ada suplemen untuk mengatasinya, saya sendiri baru mencobanya 2 mingguan, lumayan si kaya nya nambah dikit walau masih terlihat kurus terlihat dari pergelangan tangan yang sedikit membesar
    namanya samyunwan bisa di dapat di toko obat cina harganya 25ribu normalnya tapi biasanya suka ada yang jual dengan harga mahal
    kalo ga mau ribet bisa juga beli online coba di sini di kirim lewat jne

  4. 1. apakah kesibukan yang terlalu padat dapat menurunkan berat badan?
    2. untuk aku yang punya TB 153 kira2 berapa berat badan aku yang idealnya?
    terima kasih tuk sarannya……..

  5. lo lagi bareng ortu aq bisa gmuk , tapi lo pisah kq kurus lagi & gx bisa nmbah brat bdan wlaupun dah banyak makan , it gmna ?

  6. add cara yg lbih mudah gak?
    soalnya makan tratur,tdk begadang,makan yg brgizi itu susah carinya?
    oh iya makanan yg mudah d dapet yg bikin nambah berat badan app ya?

    • begadang itu menurut saya pribadi sih bisa nambah berat badan, asal dibarengi ngemil secara konstan.

      Yang nambah berat badan kan kalori, kebanyakan dari karbohidrat keq beras/gandum..

  7. .akKu punya TB 180 tp berat bdan cma 58, pdhal udah sering mkan & olahraga tp berat bdan kok gag bsa tambah ya ???

  8. boleh minta saran, , saya kerja malam terus dan saya sering ngemiL roti di tempat kerja, , tp ko berat badan saya gk brtambah ya, , tb saya 178 berat badan saya 54 idealnya kan berat badannya harus 64kg, saya harus bagaimana ya, soalnya pola makan jd tidak tratur dan kurang brolahraga selama saya kerja malam, , mohon sarannya,,,,,!!

    • keqnya kalo roti gak bikin gemuk deh, makin tinggi iya..

      lebih mending kurus tapi sehat daripada gemuk tapi penyakitan loh ^^

  9. nah nyaman wadah bpander mun ky itu, ulun tinggi 168 cm, berat 54 berapa kilo lagi nambahnya dangsanak? handak banar blamak nah…. makasih banyak sarannya lh…..

  10. TB ku 169 cm. BB ku 52-53 kg.. kgiatanku bekerja yg sering menguras tenaga otot.. n sering bnyk fqiran. namun q pngen tmbh berat badan lg.. Tipsnya dong!
    Trmksih..

  11. dulunya sya gemuk hingga diet mati2an,.. skrng ud kurus ingin gemuk lgi. gimana cara cepatnya naik badannya?
    thanks.

  12. Dpat ilmu neh, ternyata cara menghitung berat badan mudah ya, tinggi badan dikurangi 110… boleh juga…
    makasih Gan!

  13. wah, bagus tips gan….
    saya juga sudah mau kurus, tapi gak bisa kurus2 nih…,
    mungkin terlalu rakus kali ya….

  14. Aku mau nanya nih. Tinggi ku 167cm tp berat badan ku cuma 40 kg -__- gimana ya caranya bwt tambah berat badan??

Tinggalkan Komentar Anda di Sini