Tips Menaikkan Berat Badan Untuk Anda yang Kurus

Menaikkan berat badan bagi beberapa orang mungkin bisa sesulit menurunkan berat badan terhadap orang obesitas. Badan terlihat kurus kadang dinilai kondisinya sehat jika dibandingkan terhadap badan yang obesitas.

Tetapi, kekurangan berat badan terlalu drastis cukup mengkhawatirkan jika apabila merupakan akibat penangaruh dari gizi buruk ataupun kondisi medis, dan memiliki masalah terhadap kesehatan lainnya.

Jika badan terlalu kurus, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter serta ahli gizi. Dengan cara berkonsultasi dengan dokter juga ahli gizi, akan bisa mendorong menaikkan berat badan tentunya dengan cara yang lebih sehat.

Seperti diambil dari MayoClinic, berikut merupakan beberapa cara sehat yang bisa untuk menaikkan berat badan bagi orang yang memiliki  berat badan kurang alias kurus:

1. Frekuensi Makan lebih sering
Bila berat badan kurang, seseorang mungkin akan merasa kondisi lebih cepat kenyang. Dengan pola makan 5-6 porsi kecil diyakini lebih baik daripada 2-3 kali dalam jumlah porsi yang lebih besar.

2. makanan yang kaya gizi
Sebagai bagian dari pola diet sehat yang utuh, maka pilihlah makanan mengandung gizi tinggi. Dengan pilihan makanan yang memiliki gizi tinggi, seperti  roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, sumber protein rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes
Lebih baik tidak mengonsumsi kopi ,soda,  dan jenis minuman lainnya yang memiliki sedikit kalori serta nilai gizinya rendah. Ada baiknya, minum smoothie juga shakes lebih sehat, minuman yang dibuat dengan susu yang memiliki rendah lemak serta jus segar.

Seperti dibeberapa kasus minuman cairan pengganti makan mungkin juga dianjurkan . Sebaiknya minum cairan pengganti makan pada saat 30 menit sebelum atau mungkin setelah makan. Ini dimaksudkan agar menghindari perut terasa kenyang sebelum makan.

4. Mengkonsumsi makanan ringan padat kalori
Camilan seperti kacang-kacangan, atau selai kacang, alpukat, keju,dan  buah kering. Cobalah kombinasi cemilan mengadung padat kalori, seperti :

a. Selai kacang dan sandwich jelly
b. Sandwich dengan irisan sayur
c. Sandwich dengan keju
d. Sandwich dengan alpukat
e. Sandwich dengan daging

5. Mengkonsumsi lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari
Dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari, dengan cara kombinasi makanan misalnya:

a. Sup dan telur dadar
b. Keju di casserole
c. Susu tanpa lemak

6. Mengontrol asupan gula serta lemak
Walaupun ketika badan dalam kondisi sangat kurus, sadarilah apabila terjadi kelebihan gula juga lemak. Mengontrol pola konsumsi makan juga seperti menyediakan nutrisi, antara lain muffin gandum, atau yoghurt, dan pie buah.

7. Olahraga
Olahraga dengan teratur, utamanya latihan kekuatan, bisa membantu menaikkan kondisi berat badan dengan cara membentuk otot-otot pada tubuh. Olahraga juga diyakini bisa meningkatkan nafsu makan, yang akhirnya membantu meningkatkan berat badan


Kata Kunci:
  • apa vegeblend bisa menggemukan?
  • cara nggemukin badan
  • gemuk vegeblend

54 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Adittya Regas Sep 6, 2011 pukul 3:57 PM - Reply

    ulun kawa jua kah yo belamak….

    anu itu yang nmr 3 “Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes” minuman apa tu contohnya?

    • EBO Sep 6, 2011 pukul 4:17 PM - Reply

      jangan gen. bulat kena ngalih di gelindingkan. wkwkwk
      smoothies itu minuman yang di haluskan, semacam keq jus buah buahan yang di blender
      kalo shakes itu yang di kocok2, keq milkshakes…

  2. avail Okt 11, 2011 pukul 10:34 AM - Reply

    mudah juga…..
    boleh di coba nih

    • EBO Okt 11, 2011 pukul 12:12 PM - Reply

      semoga sukses

  3. fenny Des 1, 2011 pukul 1:27 PM - Reply

    sudah dilakukan tapi kok kurang berhasil. trus apa yang saya lakukan?
    padahal saya pengen sekali gemuk. kadang kurang PD low kumpul ma teman2.

    • EBO Des 1, 2011 pukul 8:04 PM - Reply

      kalau makan teratur porsi teratur menurut saya bisa aja gemuk.. apalagi klo sering makan malam..

  4. neon box Jan 2, 2012 pukul 6:41 AM - Reply

    mantap ni tipsnya

    • EBO Jan 3, 2012 pukul 4:22 PM - Reply

      keren…

  5. andan Jan 2, 2012 pukul 2:26 PM - Reply

    saya tinggi 167 berat 51,tp pengin lbh berisi lg,kira2 idealnya brp?

    • EBO Jan 3, 2012 pukul 4:21 PM - Reply

      kalo itungan kasar kan di kurangin 110, jadi
      167 – 110 = 57 Kg

      begitu kria kira boss

  6. Pesan Karangan Bunga Jan 12, 2012 pukul 5:04 PM - Reply

    Terimakasih ya …
    Bisa dicoba nih.

  7. abe Jan 16, 2012 pukul 6:27 PM - Reply

    makasih . kenapa pake bahasa banjar lah??

    • EBO Jan 16, 2012 pukul 7:59 PM - Reply

      maklum ae, adminnya urang banjar, yang berkunjung kebanyakan teman teman dari banjar heeeeee

  8. Fakhta Jan 18, 2012 pukul 2:09 AM - Reply

    klo minum susu” tau sumplemen yg buat bdan berisi ngefek ngk..??

  9. heri Jan 18, 2012 pukul 6:40 PM - Reply

    Semua tidak akan berhasil gan, kenapa? karena tubuh kurus kebanyakan di pengaruhi oleh kerja metabolisme yang terlalu cepat, jadi seberapa banyak anda makan tetap saja kurus termasuk saya sendiri 171cm cuma 43kg kurus banget kan.
    Ada suplemen untuk mengatasinya, saya sendiri baru mencobanya 2 mingguan, lumayan si kaya nya nambah dikit walau masih terlihat kurus terlihat dari pergelangan tangan yang sedikit membesar
    namanya samyunwan bisa di dapat di toko obat cina harganya 25ribu normalnya tapi biasanya suka ada yang jual dengan harga mahal
    kalo ga mau ribet bisa juga beli online coba di sini di kirim lewat jne

  10. heri Jan 18, 2012 pukul 6:42 PM - Reply

    maaf ko bisa jadi dua gitu ya

    • EBO Jan 20, 2012 pukul 8:43 PM - Reply

      biasa om, ngelag..

  11. geenita Jan 19, 2012 pukul 5:49 PM - Reply

    aku mlah ingin kurus . Masak smp klas 3 brat bdan 55 . Tlong kasi tips dong

    • EBO Jan 20, 2012 pukul 8:42 PM - Reply

      makan yang banyak, tidur yang banyak hehehe

  12. sella adjah Jan 21, 2012 pukul 9:24 PM - Reply

    1. apakah kesibukan yang terlalu padat dapat menurunkan berat badan?
    2. untuk aku yang punya TB 153 kira2 berapa berat badan aku yang idealnya?
    terima kasih tuk sarannya……..

    • EBO Feb 6, 2012 pukul 12:56 PM - Reply

      yg terpenting bukan masalah berat badan, tapi masalah kesehatan badan

      TB 153 – 110 = 43KG..

  13. en en Jan 30, 2012 pukul 12:16 AM - Reply

    kalo fitnes itu bisa nggemukin gak?

    • EBO Feb 6, 2012 pukul 12:55 PM - Reply

      setau yang saya tau, fitness bisa bikin gemuk

  14. yer Feb 6, 2012 pukul 12:38 PM - Reply

    lo lagi bareng ortu aq bisa gmuk , tapi lo pisah kq kurus lagi & gx bisa nmbah brat bdan wlaupun dah banyak makan , it gmna ?

    • EBO Feb 6, 2012 pukul 12:55 PM - Reply

      Itu cuman berarti satu, ente perlu hidup teratur.

  15. mG Feb 19, 2012 pukul 12:40 AM - Reply

    add cara yg lbih mudah gak?
    soalnya makan tratur,tdk begadang,makan yg brgizi itu susah carinya?
    oh iya makanan yg mudah d dapet yg bikin nambah berat badan app ya?

    • EBO Feb 19, 2012 pukul 8:28 AM - Reply

      begadang itu menurut saya pribadi sih bisa nambah berat badan, asal dibarengi ngemil secara konstan.

      Yang nambah berat badan kan kalori, kebanyakan dari karbohidrat keq beras/gandum..

  16. tezo neistianne Feb 19, 2012 pukul 11:42 PM - Reply

    Aq mempunyai tb 167, tp brat bdan 45.
    Cara yg cpt nambah brat bdan gmna boz?

  17. aries Feb 24, 2012 pukul 5:59 PM - Reply

    .akKu punya TB 180 tp berat bdan cma 58, pdhal udah sering mkan & olahraga tp berat bdan kok gag bsa tambah ya ???

  18. zikri Feb 27, 2012 pukul 8:37 AM - Reply

    boleh minta saran, , saya kerja malam terus dan saya sering ngemiL roti di tempat kerja, , tp ko berat badan saya gk brtambah ya, , tb saya 178 berat badan saya 54 idealnya kan berat badannya harus 64kg, saya harus bagaimana ya, soalnya pola makan jd tidak tratur dan kurang brolahraga selama saya kerja malam, , mohon sarannya,,,,,!!

    • EBO Feb 28, 2012 pukul 2:05 AM - Reply

      keqnya kalo roti gak bikin gemuk deh, makin tinggi iya..

      lebih mending kurus tapi sehat daripada gemuk tapi penyakitan loh ^^

  19. delima sonata goeltom Feb 27, 2012 pukul 10:53 AM - Reply

    dah semuanya neh q coba,,,tp tetep z badanku kurus,,,

    • EBO Feb 28, 2012 pukul 2:05 AM - Reply

      mungkin anda belum beruntung.

  20. anshari Feb 27, 2012 pukul 8:11 PM - Reply

    nah nyaman wadah bpander mun ky itu, ulun tinggi 168 cm, berat 54 berapa kilo lagi nambahnya dangsanak? handak banar blamak nah…. makasih banyak sarannya lh…..

    • EBO Feb 28, 2012 pukul 2:06 AM - Reply

      sadang dah boss ae, dikit ja kurangnya, paling 5 kilo an..

      • anshari Mar 9, 2012 pukul 8:06 PM - Reply

        yg mencari 5 kilo tu ngalih bnr bos ai….seki dua kilo gin syukur bnr….

  21. Ruang Posting Mar 8, 2012 pukul 5:03 PM - Reply

    thx infonya … sangat bermanfaat..

  22. syaechun Mar 21, 2012 pukul 6:22 PM - Reply

    TB ku 169 cm. BB ku 52-53 kg.. kgiatanku bekerja yg sering menguras tenaga otot.. n sering bnyk fqiran. namun q pngen tmbh berat badan lg.. Tipsnya dong!
    Trmksih..

  23. chindy Mar 24, 2012 pukul 10:17 AM - Reply

    dulunya sya gemuk hingga diet mati2an,.. skrng ud kurus ingin gemuk lgi. gimana cara cepatnya naik badannya?
    thanks.

  24. Tretan Apr 6, 2012 pukul 6:48 AM - Reply

    Dpat ilmu neh, ternyata cara menghitung berat badan mudah ya, tinggi badan dikurangi 110… boleh juga…
    makasih Gan!

  25. tiwi Apr 7, 2012 pukul 4:49 PM - Reply

    berat saya 45 tinggi 165 gmna cara yg praktis nya,,,???
    ntuk mnanbah berat badan,,,,

  26. ikram Apr 11, 2012 pukul 11:32 PM - Reply

    olahraga apa yang dapat menambah berat badan?

  27. andieta octavia Apr 13, 2012 pukul 4:41 PM - Reply

    like this tips !

  28. andieta octavia Apr 13, 2012 pukul 4:43 PM - Reply

    ada tips cara mengurangi bergadang ???

  29. junii agustus october Apr 13, 2012 pukul 4:44 PM - Reply

    like !

  30. psychologymania Apr 29, 2012 pukul 7:27 PM - Reply

    wah, bagus tips gan….
    saya juga sudah mau kurus, tapi gak bisa kurus2 nih…,
    mungkin terlalu rakus kali ya….

  31. Lukas Harryanta Jun 16, 2012 pukul 9:16 PM - Reply

    Aku mau nanya nih. Tinggi ku 167cm tp berat badan ku cuma 40 kg -__- gimana ya caranya bwt tambah berat badan??

  32. AJID-WATCH.COM Jul 1, 2012 pukul 9:22 PM - Reply

    mantap gan, ininih tipsyang dicari adek ane daridolo
    moga-mogaaja dia nambah beratnya haahah

  33. ayu nong nong Jul 4, 2012 pukul 3:49 PM - Reply

    Nice tips…
    태 semuanya buka http://www.ihhabatik.com yaaa.. Sorry numpang promo..

  34. CharoghoParker Wanttomakeagreatadventure Agu 3, 2012 pukul 11:45 AM - Reply

    thank

  35. nature medicine Agu 24, 2012 pukul 5:07 AM - Reply

    ayo ayo penggemukan badan :))

  36. Ayu SeLyalu PeNgien DiCyank Sep 24, 2012 pukul 7:20 AM - Reply

    saya tinggi'y 147 ni,, kalau badan saya di gemukin kira" enak ga dilihat,,,,,?????????

Leave A Response