Pengaturan Tinggi Sadel Sepeda

Pengaturan Tinggi Sadel Sepeda

0 309

Ukuran tinggi sadel sepeda sangat penting untuk menentukan posisi yang benar pada saat bersepeda. Terlalu rendah  akan menyebabkan pengendara sepeda  tidak  dapat kontraksi otot-otot kaki secara penuh. Jika sadel terlalu tinggi akan mengakibatkan kehilangan enegi karena goyang di sadel  yang dapat menyebabkan peregangan otot. Keduanya menjadi tidak efisien.

Pengaturan ketinggian sadel untuk bersepeda di jalan raya  dan bersepeda sejenis sepeda gunung akan berbeda.Tinggi sadel juga ditentukan oleh jenis sepatu yang digunakan pada saat bersepeda. Begitu pula  pada sepeda downhill (turunan bukit) dan bersepeda sprint. Penggunaan jenis pedal dan sepatu  juga  menentukan tinggi rendahnya sadel.

Metode Panjang Kaki Lurus

Sebuah metode sederhana namun dapat  digunakan untuk menentukan tinggi sadel adalah :

  1. Dalam posisi duduk di sadel memutar engkol sampai kaki segaris sejajar dengan tabung kursi dari frame sepeda;
  2. Posisi tumit pusat langsung melalui pusat poros pedal;
  3. Sesuaikan tinggi tempat duduk atas atau ke bawah sampai kaki sepenuhnya terlentang.
  4. Pastikan bahwa pengendara sepeda tidak miring di pinggang untuk mencapai pedal;
  5. Menyesuaikan dengan sepatu dan tebal sadel yang digunakan.

Metode 109%

Tinggi sadel (cm) = 1.09  x inseam (cm)

Foto Pengaturan Tinggi Sadel Sepeda titik telapak sepeda gunung sepeda sepatu secara sadel pusat posisi pengendara pengaturan otot otot otot kaki namun menentukan lurus kontraksi otot kontraksi kaki jalan raya inseam gaptek update gaptek enegi duduk ditentukan Dapat atas  1x1.trans

Tinggi sadel / ( tinggi sadel diukur dari  bagian atas tengah pedal dengan bagian atas sadel pada saat crank  pedal (enkol pedal)  sejajar dengan  dengan penyanga sadel.

Inseam / (tinggi kaki diukur dari telapak kaki dengan ujung atas selangkangan pada saat kaki dalam keadaan lurus)

Metode ini sangat mudah digunakan seperti halnya dengan semua metode, metode 109% hanya akan memberikan titik awal di mana pengaturan yang tepat  dan dapat disesuaikan tinggi rendahnya sadel setelah dicoba  saat bersepeda. Tinggi sadel juga ditentukan oleh tebal dari alas sepatu.

Sumber:

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini