Home Teknologi Memahami Cara Kerja Keyloger

Memahami Cara Kerja Keyloger

4 24

Keyloger merupakan program atau hardware yang merekam penekanan tombol keyboard dengan tujuan tertentu. Keylogger dapat di gunakan untuk kepentingan baik atau bahkan untuk kepentingan yang merugikan pihak tertentu.

Bayangkan jika anda mengakses internet melalui komputer warnet yang telah terinstall keylogger. Maka Account e-mail, facebook, twitter, hingga informasi pribadi kartu kredit pun dapat di curi oleh orang lain. Oleh karena itu antisipasi terhadap keylogger perlu di garis bawahi.

Keylogger dapat di kategorikan menjadi dua, yaitu keylogger yang berupa hardware dan keylogger yang berupa aplikasi.

Foto Memahami Cara Kerja Keyloger keylogger Keyloger keyboard hardware gunakan getasynckeystate gaptek cara kerja berupa bahasa pemrograman bahas  elite keylogger unhide

Keyloger berupa aplikasi dapat bersifat lebih variatif karena metode perekaman hingga pengiriman hasil rekaman dari komputer korban ke pemilik keylogger pun beragam.

Foto Memahami Cara Kerja Keyloger keylogger Keyloger keyboard hardware gunakan getasynckeystate gaptek cara kerja berupa bahasa pemrograman bahas  keylogger hardware4

Keylogger berupa hardware tidak memiliki ketergantungan terhadap aplikasi atau software yang terinstal di komputer. Keyloger jenis ini berupa penyambungan kabel yang di sambungkan pada penyambung keyboard. Jenis lain dari keylogger ini adalah keylogger yang sudah terintegrasi didalam keyboard. Data rekaman di simpan dalam memory pada EEPROM. Jenis lainnya yaitu keylogger yang terintegrasi dengan motherboard, tepatnya berupa firmware di BIOS.

Keylogger jenis hardware tidak begitu populer dan jarang di gunakan.

Bagaimana Cara Kerja Keyloger.

Sebenarnya cara yang di gunakan Keylogger untuk merekam ketikan cukup beragam.

Berikut ini beberapa fungsi API dalam bahasa pemrograman yang di gunakan keyloger untuk memonitor ketikan pada keyboard. (akan saya bahas singkat )

1. GetKeyState = Berfungsi untuk mendapatkan tombol keyboard apa yang sedang di pencet. Untuk menggunakan fungsi ini program  membutuhkan timer atau looping untuk memonitor tombol yang di gunakan sencara berkelanjutan. Parameter yang di gunakan pada fungsi ini berupa nilai ascii.

2. GetAsyncKeyState = Hampir sama dengan fungsi GetKeyState, Bedanya dengan fungsi GetAsyncKeyState, fungsi nya tidak memerlukan konstanta KEY_PROSSED.

3. DirectX = Metode DirectX menggunakan fungsi DirecInput dari File DINPUT.dll

4. Low Level Keyboard Hook ( SetWindowsHookEx ) = Teknik ini menggunakan perintah SetWindowsHookEx dengan WH_KEY-BOARD_LL sebagai parameter untuk membuat Low Level Keyboard Hook.

Sumber:

Permalink: Memahami Cara Kerja Keyloger

Leave a Reply