Home Tips Makanan Yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa

Makanan Yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa

2 138

Banyak makanan yang dibuang karena terlalu lama disimpan dan tahu-tahu sudah melewati tanggal kadaluarsa. Meski tidak disarankan, beberapa makanan ternyata masih bisa dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tertera di kemasan asalkan kemasannya tidak rusak.

Berikut adalah beberapa contoh makanan dan label yang menyertainya yaitu:

1. Ayam utuh dengan UB tanggal 10 Mei masih bisa dikonsumsi sampai tanggal 12 Mei
Ayam ini umumnya terlindungi dengan kemasan yang baik dan tidak berbau. Kemungkinan ia masih bisa dikonsumsi sampai batas waktu 2 hari setelah tanggal UB, tapi setelah itu ayam akan berlendir dan bau amonia yang berarti harus dibuang. Namun penggunaan pengawet kadang bisa menutupi tanda-tanda pembusukan.

2. Pisang dengan BB tanggal 6 Mei masih bisa dikonsumsi sampai tanggal 20 Mei
Umumnya tanggal yang tertera pada buah dan sayuran tidak terlalu berpengaruh, tapi jika penampilannya yang membusuk, berjamur atau bau maka harus dibuang. Khusus untuk kentang, jika sudah ada bagian yang busuk atau berjamur sebaiknya dibuang karena berisiko menyebabkan keracunan.

3. Selai dengan BB Februari 2013 masih bisa digunakan sampai 2113 (asal belum dibuka)
Selama kemasannya tidak dibuka bahkan selai bisa bertahan hingga 100 tahun. Jika selai tersebut belum dibuka maka ia bisa tahan lama, tapi jika ia sudah terbuka dan bersentuhan dengan udara atau alat makan lalu timbul seperti jamur sebaiknya segera dibuang. Beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur seperti menggunakan alat makan yang bersih serta disimpan di lemari es.

4. Roti dengan BB tanggal 7 Mei masih bisa dikonsumsi sampai tanggal 14 Mei
Umumnya roti baik digunakan hingga 3 hari setelah tanggal BB, tapi jika belum ditemukan jamur atau bau yang tidak sedap maka roti masih bisa digunakan hingga seminggu kemudian meski mungkin agak sedikit keras.

5. Tomat dengan BB tanggal 6 Mei masih bisa digunakan sampai tanggal 6 Juli
Meskipun tomat mungkin sudah terlihat mengkerut, tapi ia masih bisa dimasak dan tidak menimbulkan risiko. Umumnya jika tomat disimpan dalam lemari pendingin, ia bisa bertahan hingga 2 bulan.

6. Susu dengan UB tanggal 15 Mei masih bisa dikonsumsi sampai tanggal 17 Mei
Selama susu disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 5 derajat celsius dengan bau yang normal dan rasa yang segar, maka ia masih bisa digunakan setidaknya 2 hari setelah tanggal UB. Tapi jika sudah berubah menjadi kental dan berbau asam, jangan dikonsumsi dan lebih baik dibuang saja.

7. Keju dengan UB tanggal 14 Juli masih bisa digunakan sampai 14 September (asal tidak dibuka)
Kemasan yang baik bisa mencegah kontaminasi dan mempertahankan kelembaban asal tidak dibuka. Tapi jika keju sudah dibuka dan berinteraksi dengan udara atau alat pemotong maka segera bungkus dan simpan di lemari es. Tapi jika sudah muncul jamur di permukaan keju sebaiknya jangan dikonsumsi dan tidak membiarkan keju berada di suhu kamar selama lebih dari 4 jam.

8. Pasta spageti dengan BB Januari 2013 masih bisa digunakan sampai tahun 2023
Semua makanan kering seperti gula, garam, tepung beras dan pasta masih bisa bertahan lebih lama dari tanggal BB asalkan disimpan dalam wadah kedap udara. Tapi setelah terpapar kelembaban atau udara maka bisa membuat kondisi pasta memburuk.

9. Telur dengan BB tanggal 12 Mei tidak memiliki alternatif tanggal
Telur tidak boleh dikonsumsi lebih dari 21 hari karena bisa mengembangkan bakteri Salmonella. Karenanya tanggal BB pada telur harus dibaca seperti tanggal UB pada makanan lain yang berisiko keracunan, terutama jika berbau belerang dan busuk.

10. Daging sapi dengan UB tanggal 7 Mei masih bisa digunakan sampai tanggal 9 Mei
Daging sapi dalam kemasan ini mengandung gas yang bisa memperpanjang kehidupan, jika kemasan belum dibuka maka daging masih bisa digunakan sampai 2 hari setelah tanggal UB. Tapi jika sudah dibuka maka perhatikan permukaan dan baunya, jika sudah muncul semburat berwarna cokelat biasanya itu tanda pembusukan. Selain itu masaklah daging secara menyeluruh dengan suhu tinggi untuk membunuh bakteri.

Sementara itu baru-baru ini para ilmuwan telah menemukan bahan pengawet alami yang bisa mencegah makanan jadi busuk, karena bisa menghancurkan bakteri yang membuat busuk makanan seperti daging, ikan, telur dan produk susu.

Pengawet yang bisa memperpanjang masa dari makanan ini adalah bisin, pengawet ini bisa mencegah pertumbuhan bakteri mematikan seperti E.coli, Salmonella dan Listeria. Bisin secara kimiawi berkaitan dengan senyawa Nisin yang telah digunakan untuk menyimpan keju steril sehingga bisa dimakan selama beberapa dekade.

Tapi untuk lebih amannya lagi, jangan membeli produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa. Peraturan yang berlaku melarang siapapun memperdagangkan makanan yang telah kedaluwarsa, baik yang dinyatakan dengan Best Before maupun expired date.

Perbedaan “BB – Best Before” Dan “UB – Use By” (Expired Date)

Foto Makanan Yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa tahan lama sedap sayuran pengawet makanan lemari kentang kemasan jamur gaptekupdate busuk  perbedaan use by dan best before expired date5

Saat Anda membeli makanan pasti Anda selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di makanan tersebut. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya makanan menggunakan sistem penanggalan yang berbeda yaitu Best Before (BB) dan Use-By (UB).

Hukum yang ada di Eropa menuturkan bahwa tanggal BB menunjukkan kapan makanan tersebut berada pada kualitas yang premium. Sedangkan UB menunjukkan tanggal ketika makanan tersebut harus dimakan sebelum berpotensi menimbulkan bahaya kesehatan.

Istilah Best Before (BB) menunjukkan batas suatu produk masih dijamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasannya masih utuh.

Sedangkan Use Bye (UB) dikenal juga expired date digunakan untuk produk yang menyebabkan risiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya dicantumkan pada produk-produk yang tidak stabil atau mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang, misalnya daging dan beberapa jenis keju.

Expired date dan Use-By (UB) merupakan batas yang relatif lebih tegas dibandingkan Best Before (BB). Dengan alasan keamanan dan kesehatan, jangan pernah mengonsumsi produk makanan yang telah melewati batas expired date atau used-by.

Para ahli mengakui bahwa label yang ada ini bisa menyesatkan konsumen sehingga mengakibatkan makanan terbuang secara sia-sia, seperti halnya di Inggris yang harus membuang 8 juta ton makanan setiap tahunnya.

“Namun penggunaan tanggal UB sangat berguna, karena produsen menempatkan informasi ini pada label untuk menunjukkan ke konsumen kapan makanan tersebut bisa menyebabkan keracunan jika dimakan. Hal ini penting untuk anak-anak, usia lanjut serta ibu hamil,” ujar juru bicara dari Food Standards Agency (FSA), seperti dikutip dari Dailymail.

Robert Martin dari keamanan mikrobiologi pangan FSA menuturkan pelabelan makanan yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1980 tetap menjadi indikator yang penting dalam hal kesegaran makanan.

Sebelum ada peraturan mengenai label tanggal pada makanan, masyarakat biasanya harus merasakan sedikit atau mencium aromanya untuk mengetahui apakah makanan ini bisa berisiko keracunan atau tidak jika dikonsumsi.

“Penggunaan label tanggal adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi konsumen,” ujar Dr Lisa Ackerley dari Hygiene Audit Systems dan profesor tamu di bidang kesehatan lingkungan Salford University.

Sumber:

Leave a Reply