Fakta Ajaib Tentang Tubuh

Fakta Ajaib Tentang Tubuh

0 172
Tubuh kita menyimpan banyak keajaiban yang mungkin belum kita tahu. Ayo, kita cari tahu bersama-sama beberapa di antaranya. Ada begitu banyak keajaiban yang tersimpan dalam tubuh manusia. Mulai dari gerak reflek kelopak mata yang berkedip secara berkala untuk melindungi mata, hingga pada kenyataan kuku pada jari manusia yang tetap tumbuh meski sudah dipotong berulang kali.
Hmm, jika mau bicara tentang tubuh, ilmu pengetahuan seolah tak pernah berhenti untuk bereksplorasi dan hasilnya selalu saja ada penemuan baru yang mampu membuat kita terkagum-kagum. Beberapa fakta di bawah ini misalnya, pasti bisa membuat Anda tercengang juga. Mari kita intip bersama.Tubuh mampu memproduksi aspirin sendiriMakan buah dan sayur bisa membantu tubuh untuk menghasilkan obat penahan sakit sendiri. Penemuan Journal of Agriculture and Food Chemistry mengindikasikan bahwa partisipan yang mendapat asupan benzoic acid, salah satu zat alami yang terkandung dalam buah dan sayur, mampu memproduksi asam salisil sendiri. Asam salisil sendiri merupakan komponen penting penyusun aspirin yang berguna untuk mencegah peradangan dan mampu melepaskan rasa sakit.

Tidur siang saat kerja sebenarnya menguntungkan bagi para bos

20 menit tidur siang bisa meningkatkan kondisi waspada seseorang, meningkatkan mood, dan pasti produktivitas jadi membaik. William Anthony, salah satu penulis buku THE ART OF NAPPING AT WORK mengatakan bahwa tidur siang berdampak siaga hingga beberapa jam setelah bangun.

Selain itu, jantung juga ikut mendapatkan keuntungan saat tidur siang. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun terhadap partisipan dewasa Yunani menemukan bahwa pria yang tidur siang setidaknya 3 kali seminggu memiliki risiko 37% serangan jantung yang lebih rendah.

Setiap lidah manusia memiliki ‘cetakan’ yang berbeda

Sama seperti sidik jari, lidah manusia itu unik adanya. Bisa dijulurkan keluar, melindungi mulut dari tertelan benda tertentu, dan tak bisa ditiru cetakan struktur permukaannya. Tekstur geometris yang ada di permukaan lidah berbeda pada setiap orang sehingga bisa juga dipakai untuk mengidentifikasi seseorang.[break]

Kaki merupakan ‘pelabuhan’ organ-organ penting

Kulit di telapak tangan dan kaki memiliki ketebalan lebih kurang 4 mm dan kulit kaki merupakan kulit yang paling tebal dari seluruh kulit di tubuh manusia. Selain itu, ada banyak kelenjar dari berbagai organ penting yang berlabuh di kaki. Pantas saja ahli refleksi bisa tahu jenis penyakit yang diidap dari pijatan pada bagian kaki.

Usus buntu ternyata berguna juga

Diklaim sebagai organ yang tak memiliki fungsi apapun, sebenarnya usus buntu juga diciptakan untuk tujuan tertentu. Apa itu? ‘Hunian aman’ bagi bakteri menguntungkan yang dibutuhkan usus untuk membantu proses pencernaan. Saat seseorang menderita diare, isi perutnya biasanya terkuras keluar. Usus buntu inilah yang kemudian menjadi tempat bernaung bagi bakteri menguntungkan agar tidak ikut keluar dari tubuh.

Tubuh manusia lebih tinggi saat pagi hari

Pada pagi hari tubuh manusia rata-rata lebih tinggi setengah inci daripada malam. Hal ini berkat kelebihan cairan dalam tubuh yang ada di antara tulang belakang, yang biasanya ‘terisi’ selagi kita tidur. Begitu hari lewat, saat tubuh beraktivitas, cairan di area tulang belakang ini pun merembes keluar sehingga tubuh jadi menyusut dan lebih pendek.

Tubuh manusia bersinar di dalam gelap

Kondisi ini terungkap jika menggunakan kamera ultra sensitif. Tubuh ternyata mampu memancarkan sejumlah sinar kecil yang (sayangnya) terlalu lemah untuk dideteksi dengan mata biasa.

Perut memproduksi lapisan baru tiap 3 hari sekali

Mengapa? Untuk mencegah asam lambung memakan perut itu sendiri, bila seseorang sedang berpuasa atau tidak makan apapun.

Sumber: http://nugum.blogspot.com/2011/08/19-fakta-ajaib-tentang-tubuh.html

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini