Tiket2.com : Membandingkan Tarif, Jadwal Penerbangan dan Fasilitas Pemesanan Tiket

Tiket2.com : Membandingkan Tarif, Jadwal Penerbangan dan Fasilitas Pemesanan Tiket

5 256
Foto Tiket2.com : Membandingkan Tarif, Jadwal Penerbangan dan Fasilitas Pemesanan Tiket untuk turis transportasi Tiket2 Tiket sriwijaya air pengguna pajak Michal merpati menyediakan mencari lion air Kota jogja jadwal penerbangan domestik Jadwal informasi jadwal penerbangan harga tiket pesawat garuda indonesia gaptek update gaptek diker czajkowski com citilink berbagai batavia air bandara bahasa indonesia alamat airasia  Screen shot 2011 03 02 at 1.41.20 PM

Satu lagi layanan yang menyediakan informasi tiket adalah Tiket2.com. Tiket2.com memberikan beberapa layanan berupa informasi daftar jadwal penerbangan domestik dari berbagai kota di Indonesia, fasilitas untuk membandingkan jadwal dan harga tiket pesawat, serta menyediakan juga fasilitas booking, yang semuanya bisa didapatkan di satu tempat.

Pengguna bisa mencari informasi penerbangan Lion Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batavia Air, Citilink, Merpati, Airasia dll. dari berbagai kota di Indonesia sesuai dengan waktu dan kota keberangkatan/kedatangan yang dipilih, serta mengatur apakah perjalanan akan sekali jalan atau pulang-pergi. Situs Tiket2 tersedia dalam dua bahasa Indonesia dan English yang memudahkan pengguna baik itu asal Indonesia ataupun turis untuk mencari data penerbangan.

Tampilan situs mereka juga cukup menyenangkan, dan jika Anda mencari jadwal penerbangan tertentu, selain mendapatkan informasi jadwal penerbangan beserta maskapai penerbangannya terdapat juga berbagai informasi tentang bandara, baik yang menjadi tempat keberangkatan atau bandara yang menjadi tempat tujuan, termasuk keterangan transportasi serta pajak kedatangan.

Satu hal yang menarik untuk dilihat adalah alamat kontak dari Tiket2, yang beralamat di Jogja, saya sendiri penasaran untuk mencari informasi tentang hal ini, setelah mengontak pihak Tiket2 ternyata co-founder dari Tiket2 berasal dari Poland, mereka adalah Michal Czajkowski dan Juliusz Calyniuk. Pengembangan web dan teknologinya semua dikerjakan dari Poland, sedangkan untuk alamat di situs mereka adalah alamat kantor PT Grami Setya Mulya yang merupakan partner Tiket2 dalam menangani layanan terkait konsumen serta partner dalam menyediakan layanan booking tiket.

Pangsa pasar Tiket2 memang difokuskan untuk Indonesia, yang terdiri dari pengguna lokal dan juga para wisatawan yang ingin mendapatkan informasi penerbangan domestik, itu kenapa mereka menyediakan fasilitas dua bahasa. Untuk pembayaran juga disediakan sistem transfer antar bank yang populer untuk pengguna lokal dan sedang dikembangkan untuk pembayaran dengan menggunakan PayPal dan kartu kredit.

Michal juga menjelaskan bahwa selain pangsa pasar lokal yang menjadi sasaran utama pengguna Tiket2, pasar turis asing juga menjadi perhatian mereka, “Foreign tourists market is very important for us, and we will be gradually increasing our exposure to those people in other countries who are willing to come and visit Indonesia.”

Untuk strategi monetisasi Tiket2 mendapatkan pemasukan dari booking fee dan iklan. Michal menjelaskan bahwa saat ini Tiket2 masih dalam tahap pengembangan awal, mereka masih menggunakan Google AdSense untuk mendapatkan pemasukan dari iklan, namun di bulan Maret nanti, Tiket2 akan meluncurkan penawaran iklan bagi perusahaan yang tertarik untuk beriklan dilayanan mereka.

Fasilitas yang paling menarik dari Tiket2 tentu saja adalah fasilitas booking, setelah mendapatkan informasi jadwal penerbangan, membandingkan harga dari masing-masing maskapai, pengguna bisa langsung melakukan proses pemesanan tiket, pengguna nantinya akan mendapatkan e-ticket lewat email.

Beberapa fasilitas lain yang disediakan Tiket2 sebagai sarana kemudahan mencari informasi tiket pesawat seperti yang dijelaskan Michal antara lain, Tiket2 akan menyimpan semua data pencarian yang dilakukan pengguna mereka, hal ini akan memungkinkan sistem Tiket2 untuk mempelajari dan menghadirkan informasi menarik bagi pengguna, misalnya informasi tanggal keberangkatan terbaik yang didasarkan pada harga tiket termurah. Selain itu Tiket2 juga mengagregasikan informasi keberangkatan dari berbagai kota dalam satu halaman, memudahkan untuk memilih jadwal penerbangan populer.

Ketika ditanyakan tentang teknologi yang digunakan untuk membangun Tiket2, Michal menjelaskan, “Tiket2 is backed up by Symfony, a powerful web application framework (Delicious, Yahoo! Bookmarks and Dailymotion use it too). With an addition of ORM Doctrine and a non-relational database MongoDB, Symfony speeds up the creation and maintenance of our website.”

Saat artikel ini ditulis, sepertinya Tiket2 sedang mengalami permasalahan pada fasilitas pemesanan tiket lewat situs mereka, namun pemesanan tetap bisa dilakukan lewat telepon.

Beberapa fasilitas yang sedang dikembangkan dan akan disediakan oleh Tiket2 selain fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit dan PayPal adalah sistem afiliasi bagi pengusaha jasa tour & travel skala kecil-menengah, fasilitas dari Tiket2 ini akan membantu menyediakan layanan pemesanan tiket yang profesional.

sumber:

  • dailysocial.net

5 COMMENTS

  1. Kemarin beli tiket Denpasar-Biak PP flight Garuda, bener2 cepat, murah dan ramah.

    Layanan Tiket2 memang mantap.

Tinggalkan Komentar Anda di Sini