Puluhan Mesin Perang Karya Leonardo Da Vinci

Puluhan Mesin Perang Karya Leonardo Da Vinci

 
The Codex Atlanticus (Wikipedia)
Leonardo Da vinci merancang banyak senjata termasuk crossbows raksasa, mesin senjata , menara pengepungan, bom cluster dan Tank modern, namun karya-karyanya hanya sebatas tulisan dan design yang dituangkan dalam sebuah buku “Atlantic Codex”.

The Codex Atlanticus (Atlantic Codex) adalah sebuah buku penting karya Leonardo Da Vinci terdiri dari dua belas volume, dalam kumpulan gambar dan tulisan-tulisan,dari namanya menunjukkan buku itu seperti luasnya benua atlantis.terdiri dari 1.119 halaman dari tahun 1478-1519, isinya meliputi berbagai macam pelajaran, dari penerbangan, kesenjataan ,alat-alat musik, matematika sampai pertanian.

Berbagai macam “artikel” Leonardo Da Vinci ini kemudian dikumpulkan oleh pemahat Pompeo Leoni, putra Leone Leoni, pada akhir abad ke 16, walaupun Leoni dilupakan dalam formasi buku-buku Leonardo Da Vinci namun hasil susunannya Diawetkan hungga saat ini dan bisa ditemukan di Biblioteca Ambrosiana, Milan. silakan baca kelanjutannya disini

yang akan kita ungkap sekarang adalah khusus tentang peralatan perangnya saja yang di ciptakan oleh Leonardo Da vinci, berikut ulasanannya :

1. Leonardo Da Vinci Terminator

Sketsa prajurit mekanis tidak ditemukan sampai tahun 1957, ketika ditemukan oleh Carlo Pedretti, tersembunyi di antara berbagai macam desain rancangan. sketsa tersebut dibuat tahun 1495, namun tidak ada upaya untuk merancang sampai tahun 1996 ketika Mark Rosheim menerbitkan studi yang independen tentang robot bekerjasama dengan Florence Institute dan Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan.

Namun, tidak sampai 2002 Rosheim membangun fisik lengkap dari model robot untuk dokumenter BBC. Sejak itu, seorang prajurit tercipta dengan menempel pada roda kayu persis seperti sketsa Da vinci, yang diberinama “Robot Leonardo” telah dimasukkan dalam pameran hingga museum.

Pada 2007 Mario Taddei melakukan penelitian baru dan menemukan data dokumen asli cukup untuk membangun sebuah versi dari tentara robot, lebih terkait erat dengan gambar aslinya. Robot ini dirancang hanya untuk kepentingan diri, bukan untuk perang atau teater. Gerakannya yang agak terbatas karena hanya memindahkan lengan kanan dan kiri ketika diambil dengan tali. Model khusus ini akan ditampilkan dalam berbagai pameran di seluruh dunia dan hasil penelitian Tadei kemudian diterbitkan dalam buku, Leonardo Da Vinci’s Robots.

2. Machine Gun

Multi-barrelled mitralyur merupakan senjata luar biasa dengan kekuatan api. Da Vinci membuat sketsa artileri ini sekitar tahun 1480 di Florence, Prototype ini berbentuk seperti kipas yang berpotensi menjadikannya sebagai senjata yang efektif terhadap pasukan musuh yang berjumlah banyak. Desainnya yang mudah untuk bergerak pada berbagai macam kondisi karena ringan dan terpasang pada roda.

3. Cluster Bomb

Untuk menghancurkan, senjata yang sudah dikenal pada saat itu , Da Vinci kemudian merancang sebuah senjata yang sangat mematikan, terdiri dari kerang yang di campur dengan tanah liat kemudian di jejali kedalam sebuah bola besi. Setelah ditembakkan, bola ini meledak ke dalam banyak potongan-potongan dalam jumlah besar dengan jangkauan dan dampak yang mematikan.

4. Scythed Chariots

 

Ini adalah salah satu karya paling indah dari manuskrip Leonardo . yakni sketsa kereta kuda yang dikelilingi dengan pedang-pedang melengkung untuk menebas orang yang didepannya, Da Vinci meng ilustrasikannya dengan gambar yang jelas dan pembunuhan besar-besaran

5. Barrage Cannon

Gambar Sketsa ini adalah gambar pertama dari buku Codex Atlanticus. Gambar itu sendiri sangat lengkap dan cukup menarik, yang menggambarkan rencana penyerangan dengan enambelas radial cannons. Aspek yang paling menarik dari proyek ini adalah pusat pengebom itu sendiri, Tempat sepasang pedal mekanik dan gear roda, memberikannya sekilas tentang senjata berat ini.

6. Tank

Ini mungkin salah satu yang paling terkenal dari proyek Da Vinci. Idenya membuat mesin yang menyebabkan kepanikan dan kerusakan pihak musuh, kendaraan ini bentuknya seperti kura-kura dikuatkan dengan piringan logam dan cincin ditambah beberapa cannon.
Dalam sebuah proposal pekerjaan kepada Duke of Milan, Da Vinci berkata “Saya dapat membuat mobil yg berlapis baja, aman dan yg tak dpt disangkal, yang akan memasuki jarak yang dekat dengan artileri musuh , dan tidak akan melukai prajurit yang mengendarainya. Tank tersebut bisa membuat kejutan dan kekaguman” pada abad ke-15 teknologi tersebut tidak mungkin bisa diterapkan karena beberapa kendala serius yang di hadapi Da Vinci yang pada akhirnya proyek tersebut diabaikan.

7. Dinding Pertahanan

Leonardo merancang desain yang rumit dari metode pertahanan. Di sini, bila tembok berada di bawah serangan, prajurit yang tersembunyi di belakang tembok dapat dengan cepat dan mudah menangkal serangan musuh dengan satu gerakan sistem levers. sehingga musuh yang berada di tangga dapat dengan mudah dijatuhkan.


8. Catapul

t

Dasar desain Catapult telah digunakan selama ratusan tahun sebelum Da Vinci menyempurnakannya. Dia benar-benar membuatnya dengan berbagai model. Desain khusus ini menggunakan dua pegas untuk menghasilkan energi yang besar untuk menggerakkan proyektil dari batu dengan jarak yang lebih akurat dan untuk melontarkan sebuah peluru digunakanlah engkol yang berada disamping mesin catapult.

9. Benteng

Benteng ini dirancang dengan konsep yang aman dari serangan ,bentuknya yang rumit dan inovatif kiranya merupakan sebuah pertahananan yang efektif terhadap dampak dari senjata yang mematikan.Benteng ini bentuk desainnya sangat modern dengan menara bundar dan agak condong, dinding eksterior dirancang untuk menahan serangan dari senjata api. Sang raja tinggal di pusat Istana seperti pada gambar, juga jalan rahasia bawah tanah. Di samping itu, benteng ini memiliki dua tingkat konsentris dinding, yang paling atas berbentuk bulat, untuk membantu melenturkan dampak meriam . Lubang kecil memungkinkan untuk memerangi musuh dari luar dengan resiko cedera yang kecil.

10. Meriam yang dapat diturunkan

Meriam merupakan peralatan perang yang sangat berat dan apabila di bawa untuk berperang sangat merepotkan sekali maka Da Vinci merancangnya dengan struktur yang dapat dengan mudah dibongkar dan diangkut, sehingga memungkinkan meriam dapat dipindahkan dengan mudah.

11. Springald

The Springald adalah sebuah perangkat untuk melemparkan baut besar atau batu-batu yang mirip dengan crossbow kontemporer yang bisa diayunkan.Contoh gambar ini ditemukan, namun para arkeolog tidak menemukan mesinnya. Hal ini sangat mungkin bahwa ini karena bahan yang digunakan telah di daur ulang ketika alat tersebut tidak lagi berguna.

12. Helicopter

 
sketsa ini dibuat tahun 1493 dan tidak ditemukan sampai abad ke-19. Desainnya terdiri dari sebuah benda spiral yang digerakkan oleh sistem yang belum sempurna, namun lebih dari dua ratus tahun kemudian, perkiraannya menjadi kenyataan.

13. Kapal Berlapis Baja

 
Da Vinci menggambar sebuah kapal yg berlapis baja ringan dan pada haluan kapal dilindungi oleh logam yang berguna untuk menghancurkan kapal musuh atau sebagai perisai. Perisai tersebut kemudian terbuka pada jarak tembak yang tepat dengan kapal musuh setelah terbuka dan diturunkan kedalam air dan perisai itu berfungsi juga sebagai rem.

14. Crossbow Raksasa

 
Crossbow ini sangat besar dibnutuhkan enam roda untuk mengatur sudut dalam meningkatkan stabilitas peluru Crossbow ini bukan panah melaikan bola-bola yang berat.Busur dibuat dengan potongan-potongan kayu fleksibel yang terikat dan diadakan di tempat oleh pivoting pin. Memiliki panjang kira-kira tiga belas meter dan dengan sistem mekanisme yang rumit.

15. Siege Weapon

 
Model ini diusulkan oleh Leonardo sebagai mesin yang dirancang untuk menyerang dinding pertahanan, terdiri dari struktur dan jembatan berlapis baja yang melindungi prajurit agar tidak terluka dalam menembus pertahan musuh.

sumber: nugum

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini