AS Kembangkan Pemindai Optik untuk Menyortir Hasil Pertanian

AS Kembangkan Pemindai Optik untuk Menyortir Hasil Pertanian

0 101

Para pakar di Amerika mengembangkan sistem percobaan dengan scanner/pemindai optik berteknologi tinggi yang digunakan di tempat-tempat pengemasan di mana hasil pertanian disortir sebelum dipasarkan. Wabah E. Coli di Eropa menunjukkan masih lemahnya sistem penyortiran produk pertanian.

Foto AS Kembangkan Pemindai Optik untuk Menyortir Hasil Pertanian wabah voanews usus untuk tinggi sistem segar Scanner sakit pertanyaan pengemasan penelitian pertanian pencemaran para pakar Optik moon kim mesin Menyortir menunjukkan mencegah masih mana lembaga penelitian lemahnya langka keracunan makanan Kembangkan keamanan pangan jenis bakteri Hasil Foto Eropa e coli disortir dipasarkan dengan dalam cara cara busuk buah apel Bisa binatang berteknologi Berbahaya bakteri e coli apel Amerika alat  APSpainE+Coli 1jun11
Foto: AP

Perebakan jenis langka bakteri E.coli yang mematikan di Eropa menimbulkan pertanyaan seputar isu keamanan pangan. Apa yang dimakan orang sehingga orang itu sakit?

Satu cara untuk mencegah keracunan makanan adalah mencegah masuknya organisme berbahaya ke dalam makanan. Memang lebih mudah mengatakan daripada melakukan, tetapi para pakar terus mencari cara-cara baru.

Para pakar di Amerika mengembangkan sistem percobaan dengan pemindai optik berteknologi tinggi yang digunakan di tempat-tempat pengemasan di mana hasil pertanian disortir sebelum dipasarkan.

Sistem itu dirancang untuk mengidentifikasi adanya zat-zat pencemar, seperti tanah atau kotoran binatang pada hasil pertanian segar yang bisa menjadi sumber berkembangbiaknya bakteri E. Coli. Bakteri itu biasanya hidup di dalam usus manusia dan binatang. Kebanyakan jenis bakteri E.coli tidak berbahaya, tetapi sebagian bisa membuat orang sakit.

Alat pemindai baru itu juga bisa menunjukkan kerusakan dan ketidaksempurnaan yang mungkin membuat hasil pertanian itu tidak menarik bagi konsumen.

Moon Kim dari Lembaga Penelitian Pertanian yang memimpin percobaan mengatakan, “Kami diminta untuk mengembangkan metode untuk mendeteksi pencemaran dalam produk pertanian. Kami mulai dengan apel sebagai contoh percobaan.”

Pemindai itu dapat memerintahkan mesin penyortir untuk memisahkan apel yang busuk dan yang segar. Saat ini alat itu baru bisa menunjukkan sebagian permukaan apel dalam penyortiran. Para perancang sistem itu berharap dapat memperbaiki proses itu, sehingga alat itu bisa menunjukkan keseluruhan buah apel.

sumber: voanews

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini