7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara

7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara

0 353

Tanaman hias ternyata tidak hanya berguna untuk mempercantik interior maupun eksterior rumah. Jenis tanaman tertentu, bisa melindungi Anda dan keluarga dari bahaya polutan rumah bagi kesehatan.

Perlu Anda tahu, pencemaran udara tidak hanya mengancam kesehatan saat kita di luar, tapi juga di dalam rumah. Ada beberapa jenis gas udara yang berbahaya (polutan) yang betah bersarang di dalam ruangan dan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan disinfektan adalah polutan yang banyak terdapat di dalam rumah. Polutan ini bisa menimbulkan ‘sindrom bangunan sakit’, yang menyebabkan berbagai penyakit seperti alergi, sakit kepala, mudah lelah bahkan kanker dan kematian.

Para ilmuwan NASA telah menemukan sejumlah tanaman hias yang bisa dijadikan senjata ampuh untuk melawan polusi udara, menjadikan udara di ruangan lebih bersih. Tidak hanya di dalam rumah, tapi juga gedung dan perkantoran. Ini dia jenis tanaman hias ‘penyedot’ racun yang bisa Anda tempatkan di rumah, seperti yang dikutip dari Earth Easy.

1. Palem Kuning

Foto 7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara untuk udara tumbuh tinggi Terang tempat tapi tanaman hias Tanaman sindrom bangunan sakit Serangga sakit kepala sakit rusak Racun polusi udara pohon pestisida Perlu pencemaran udara palem merupakan maupun mampu lelah laba laba Kesehatan Kematian keluarga Jenis Hias formaldehid ficus robusta dengan Daunnya dalam cahaya Bisa betah anda ampuh alergi Agar  hias palem kuning

Palem Kuning, atau Areca Palm merupakan jenis tanaman rumah dengan pelepah daun cukup panjang dan menutupi batang yang beruas-ruas. Rata-rata tinggi pohon ini bisa mencapai 1-6 meter. Pohon ini harus ditaruh di tempat yang lembab agar tidak rusak, tapi pada dasarnya palem kuning bisa disimpan di mana saja, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis. Jenis palem ini mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde.

2. Palem Bambu

Foto 7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara untuk udara tumbuh tinggi Terang tempat tapi tanaman hias Tanaman sindrom bangunan sakit Serangga sakit kepala sakit rusak Racun polusi udara pohon pestisida Perlu pencemaran udara palem merupakan maupun mampu lelah laba laba Kesehatan Kematian keluarga Jenis Hias formaldehid ficus robusta dengan Daunnya dalam cahaya Bisa betah anda ampuh alergi Agar  hias palem bambu

Tanaman ini memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Pohon ini tumbuh subur di area lembab, tapi jaga agar tidak terlalu banyak disirami air. Meskipun berfungsi menyedot polutan, palem bambu mungkin mengundang laba-laba atau serangga. Untuk mengantisipasinya, semprotkan cairan pestisida.

3. Karet Hias

Foto 7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara untuk udara tumbuh tinggi Terang tempat tapi tanaman hias Tanaman sindrom bangunan sakit Serangga sakit kepala sakit rusak Racun polusi udara pohon pestisida Perlu pencemaran udara palem merupakan maupun mampu lelah laba laba Kesehatan Kematian keluarga Jenis Hias formaldehid ficus robusta dengan Daunnya dalam cahaya Bisa betah anda ampuh alergi Agar  hias karet hias

Karet Hias, atau Ficus Robusta (nama latin) adalah salah satu tanaman yang kegunaannya menyerap formaldehid dan menghasilkan oksigen. Daunnya berwarna hijau muda, dan saat dipegang teksturnya kenyal. Oleh karena itu, pohon yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Rubber Plant. Karet Hias sebaiknya tidak ditaruh di tempat terlalu terang, terutama di bawah sinar matahari. Tempatkan di dalam ruangan dengan sedikit pancaran sinar.

4. Rhapis Excelsa

Rhapis Excelsa merupakan jenis palem yang tidak mudah rusak dan bisa beradaptasi di hampir setiap kondisi suhu maupun cahaya. Rhapis juga termasuk tanaman yang mudah dipelihara, tapi pertumbuhannya lambat.

5. Dracaena Deremensis

Tanaman ini mudah dirawat dan memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Dracaena bisa beradaptasi hidup di area dengan cahaya rendah jika penyiraman airnya dikurangi. Jaga tanah dalam pot agar tetap lembab dan sering-sering menyemprotnya dengan air hangat. Potong bila ada daun-daun yang mati untuk memberi ruang tumbuhnya daun baru.

6. Peace Lily

Foto 7 Tanaman Hias Penyedot Racun Udara untuk udara tumbuh tinggi Terang tempat tapi tanaman hias Tanaman sindrom bangunan sakit Serangga sakit kepala sakit rusak Racun polusi udara pohon pestisida Perlu pencemaran udara palem merupakan maupun mampu lelah laba laba Kesehatan Kematian keluarga Jenis Hias formaldehid ficus robusta dengan Daunnya dalam cahaya Bisa betah anda ampuh alergi Agar  hias peace lily

Peace Lily sangat bagus untuk membersihkan udara. Perawatannya juga tidak terlalu rumit, hanya perlu perhatikan penempatannya. Tanaman yang terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida ini perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Daunnya perlu sering disemprot dengan air hangat.

7. Pakis Boston

Pakis Boston punya ciri yang spesifik, sehingga Anda mudah mengenalinya. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai. Tanaman yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini bisa ditempatkan di lantai atau pot gantung. Pakis Boston menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehid dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat.

(hst/eny)

sumber: wolipop 

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini