Perbedaan Google Page Rank dan Alexa Rank

Perbedaan Google Page Rank dan Alexa Rank

5 494
Foto Perbedaan Google Page Rank dan Alexa Rank PageRank Alexa Rank  bgfg

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mencari siapa menang siapa kalah, namun terlebih ingin membagi ilmu dari pengamatan teman saya lalu di ikuti oleh saya atas penyedia service ranking, yaitu Google dengan Page Ranknya, dan Alexa dengan Alexa Ranknya.

Jika ada yang bertanya mana lebih baik Page Rank (PR) atau Alexa Rank (AR)?
Saya akan menjawabnya dengan jawaban Alexa Rank lebih baik… kenapa demikian? berikut perbandingannya :

1. Cara Mereka Berpikir

Google
Menggunakan suatu rumus algoritma khusus untuk menghitung page ranknya, dan yang paling utama dihitung oleh Google adalah BERAPA BANYAK JUMLAH BACKLINK yang dimiliki situs tersebut, semakin banyak backlinknya maka semakin bagus page ranknya.

Alexa
Menggunakan rumus yang sederhana, yaitu semakin banyak website tersebut dikunjungi (baik menggunakan Alexa Toolbar dsb ataupun tidak) maka peringkatnya semakin bagus.

Jika diperhatikan Google memiliki perhitungan yang KURANG ADIL, karena hanya menghitung backlink, artinya seandainya situs tersebut memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya, maka tetap saja page ranknya akan 0 jika tidak ada yang memberikan link kepada website tersebut. Contoh lain apabila ada website yang terdiri dari sedikit halaman dan pengunjungnya sedikit namun backlinknya banyak (baik legal ataupun ilegal) maka website tersebut bisa mendapatkan PR yang tinggi.

Berbeda dengan Alexa, karena logikanya mendukung logika manusia, yaitu situs yang terkenal adalah situs yang dikunjungi banyak orang, dan semakin banyak yang mengunjungi maka ranking website tersebut semakin bagus.

2. Hacking

Google
Keluar masuk forum SEO, begitu banyak cara untuk “menjahili” page rank, yap… dahulu pun (atau mungkin sekarang masih ada) ada yang melakukan manipulasi page rank, salah satu caranya adalah dengan redirect 301, 302 dan script-script lainnya, sehingga situs yang mempunyai page rank 0 bisa melompat hingga page rank 10 dengan memanfaatkan script ini.

Dengan adanya hal ini maka banyak situs-situs yang memberikan servicenya untuk memeriksa keaslian suatu page rank, Anda bisa mengunjungi alamat di :
 
Silakan gunakan alamat di atas untuk mengecek keaslian page rank suatu situs.

Foto Perbedaan Google Page Rank dan Alexa Rank PageRank Alexa Rank  Google 20Pagrank

Untuk menaikkan ranking Google juga ada cara cepatnya, yaitu submit ke directories gratis atau berbayar yang ada di dunia ini, untuk daftar directoriesnya bisa cari di forum dan Google.

Alexa
Banyak orang yang mengklaim dapat mencurangi Alexa, di antaranya dengan widget, Alexa toolbar, redirect, merefresh halaman dsb, namun secara FAKTA hal ini tidak terbukti benar.
Contoh :
  • Dengan menggunakan Alexa toolbar (Internet Explorer) atau Alexa Sparky (Mozilla Firefox) lalu merefresh halaman hingga ratuan kali maka rank alexa akan membaik.
Cara di atas masih sangat meragukan karena pernah ada netter luar negeri melakukan percobaan dengan membuat 1 website dengan sedikit halaman, website tersebut tidak diberitahukan ke public umum alias tidak ada yang datang ke websitenya selain ia sendiri. Lalu ia merefresh halaman website tersebut dan tidak lupa juga menggunakan Alexa Toolbar, bahkan karena rankingnya tidak membaik secara drastis ia mengundang beberapa orang untuk merefresh halaman tersebut sebanyak-banyaknya, namun kenyataannya? ranking alexa nyaris tidak membaik seandainya membaik juga tidak banyak.
  • Dengan menggunakan redirect Alexa, yaitu : diklaim dapat meningkatkan ranking Alexa.
Mungkin ini ada benarnya karena dengan melakukan redirect Alexa, maka juga melakukan boot ke Alexa dan mempercepat ranking, namun cara ini masih pro dan kontra..

Bagaimana dengan orang-orang yang katanya berhasil dengan cara ini?
Yap mungkin saja Alexa bisa diakali tapi kebanyakan mereka bersifat subjektif terhadap cara ini artinya mereka melakukan percobaan di situsnya yang cukup bahkan sudah ngetop dan dikunjungi oleh banyak orang, sehingg ranking Alexa yang naik drastis diklaim berhasil menjahili Alexa, padahal memang pengunjungnya sudah banyak. Maka itu cobalah gunakan website yang masih baru ketika melakukan percobaan untuk mencurangi Alexa rank.

Lalu kenapa Alexa tampaknya tenang-tenang saja dengan metode ini?
Yap, mungkin saja dengan adanya kontroversi ini maka Alexa semakin ngetop, terutama dari sisi Toolbarnya, bukankah salah satu cara mendongkrak popularitas adalah membuat suatu hal yang bersifat kontroversi…?? heheheh

Btw ada juga nih salah satu kesaksian dari cara mencurangi ranking Alexa, alamatnya di sini

Kesaksian tersebut menjelaskan bahwa Alexa rank tidak mudah untuk dicurangi.

Nih dengerin juga kata Alexanya sendiri kalau mau rankingnya bagus :

3. Kepercayaan Para Vendor
Yang paling mencolok adalah kenapa sih jika ingin mendaftar ke Text Link Ads dsb yang dilihat adalah peringkat Alexa ranknya..??? Kenapa tidak page ranknya Google saja…?? Google khan perusahaan besar dan terkenal… bahkan lebih terkenal dari Alexa??

Yap seperti yang dijelaskan di atas, Alexa mempunyai perhitungan yang lebih syariah.
Fakta…???

Foto Perbedaan Google Page Rank dan Alexa Rank PageRank Alexa Rank  Heck+Page renk google
Gambar di atas saya print screen dari sebuah situs promosi berita (seperti Digg.com atau LintasBerita.com). Kalau diperhatikan khan rada aneh… page ranknya 3 tapi kok Alexa ranknya 10 jutaan, dan umur situs ini sudah lama loh, padahal salah satu website yang saya buat umurnya kurang dari 1 bulan mempunyai page rank 0 dan Alexa 4 jutaan.

Nah ketidak kompakan perhitungan tersebut karena website tersebut adalah website berita dan mempunyai banyak backlink, tapi akhir-akhir ini situsnya sepi, dan otomatis Alexanya akan drop jauh, namun Google tidak menghitung demikian…

Fakta lainnya coba dech baca ketentuannya Alexa yang diambil dari .

What are Page Views?
Page views measure the number of pages viewed by Alexa Toolbar users. Multiple page views of the same page made by the same user on the same day are counted only once. The page views per user numbers are the average numbers of unique pages viewed per user per day by the users visiting the site. The three-month change is determined by comparing a site’s current page view numbers with those from three month ago.”


Masih berpikir untuk melakukan refresh sebanyak-banyaknya…???

Kesimpulannya adalah :
  1. Alexa rank menghitung lebih syariah dan Google fokus kepada backlink sehingga para vendor dan webmaster lebih menyukai Alexa.
  2. Alexa mempunyai ranking yang tidak terlalu lama updatenya dibandingkan Google yang update ± 3 bulan sekali.
  3. Keuntungan menggunakan Alexa adalah Alexa memberikan data real yand didapat dari jumlah kunjungan yang bersifat unik dan sangat baik untuk memonitor prestasi website dalam jumlah kunjungan.
  4. Beberapa orang mengatakan bahwa Alexa hanya menghitung kunjungan website yang menggunakan Alexa toolbar dsb, namun beberapa orang meyakini bahwa tidak perlu menggunakan toolbar, Alexa akan tetap menghitung rank website, namun dengan menggunakan toolbar maka perhitungannya lebih maksimal dan lebih cepat.
  5. Keuntungan menggunakan Google Page Rank adalah saat situs kita sepi maka situs kita masih dihargai oleh Google selama backlinknya masih ada.
Tulisan ini dimaksudkan untuk meluruskan cara pandang kita semua terhadap Google Page Rank dan Alexa Rank.. keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri… Namun lebih bagus jika bisa berprestasi di kedua ranking ini…

Semoga bermanfaat…

sumber:
  • kucoba.com

 

5 COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini