Meramal Cuaca Dengan Cara Manual

Meramal Cuaca Dengan Cara Manual

0 359

Anda ingin mengetahui cuaca hari ini untuk beberapa saat yang akan datang tanpa menggunakan teknologi apapun dengan hanya melihat kondisi dan gejala-gejala yang terlihat di alam. Matahari, bulan, angin, kabut, awan dan asap yang bisa dijadikan patokan untuk memprediksi cuaca.
Berikut ini Ulasannya :

1. Meramal Cuaca Dengan Melihat Kondisi Matahari
* Apabila ketika terbit memiliki warna merah tua disertai awan gelap maka kemungkinan akan turun hujan. Jika terang dengan cahaya penuh maka kemungkinan cuaca akan cerah.
* Jika ketika matahari terbenam warnanya kuning cerah dan warna oranye di bawahnya, maka kemungkinan hujan akan turun. Hujan juga mungkin akan turun jika warnanya kuning pucat.

2. Meramal Cuaca Dengan Melihat Kondisi Bulan
* Jika bulan bersinar sangat terang, itu berarti menandakan cuaca dengan baik alias cerah.
* Jika banyak awan yang menyelimuti bulan ada kemungkinan hujan akan turun.
* Jika ada cahaya lingkaran di sekitar bulan kemungkinan ada suatu perubahan cuaca.

3. Meramal Cuaca Dengan Melihat Kondisi Awan
* Jika saat ada awan kumulus atau awan yang bulat seperti gunung tertutup salju hawanya terasa panas, maka kemungkinan akan turun hujan.
* Apabila ada awan sirrus atau awan yang seperti arak-arakan kepulan awan yang sangat tinggi letaknya, maka kemungkinan akan turun hujan.

4. Meramal Cuaca Dengan Melihat Kondisi Angin
* Jika ada angin lemah dari arah utara atau timur kemungkinan akan terjadi cuaca baik, namun jika datangnya dari arah barat atau barat daya, kemungkinan hujan atau gerimis akan tiba.
* Jika putaran angin searah jarum jam, maka cuaca kemungkinan baik. Sedangkan jika arah putaran angin berputar berlawanan arah jarum jam kemungkinan akan hujan.

5. Meramal Cuaca Dengan Melihat Kondisi Kabut
* Jika kabut menggumpal cerah seperti awan maka cuaca mungkin akan baik.
* Jika ada kabut gunung kemungkinan akan ada hujan, akan tetapi jika kabut lembah maka kira-kira kemungkinan cuaca akan cerah.
* Cuaca berawan/berkabut di pagi hari yang terlihat semakin cerah, maka mungkin cuaca akan terus cerah.

6. Meramal Cuaca Dengan Melihat Kondisi Asap
* Jika kita membakar sesuatu dengan asap membumbung tinggi menjulang ke langit, kemungkinan cuaca cerah.
* Apabila asap yang dihasilkan dari pembakaran cepat pudar dan hilang, serta arahnya agak condong ke bawah, kemungkinan hujan akan turun membasahi permukaan bumi.

Keterangan :
* Kata “meramalkan” cuaca sangat sensitif di indonesia karena seperti ada hubungannya dengan hal yang berbau supranatural. Akan tetapi dalam pengertian di sini meramal adalah sama dengan mengira-ngira atau prediksi dengan ilmu pengetahuan kuno tanpa bertanya kepada makhluk halus.
Semoga Bermanfaat

sources: tidakmenarik.wordpress.com

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini