Home Berita Terkini 9 Negara Pemilik Bom Nuklir Terbanyak Di Dunia

9 Negara Pemilik Bom Nuklir Terbanyak Di Dunia

0 9

Pengembangan senjata Nuklir ini dimulai sejak perang dunia ke Dua, yang akhirnya telah menghancurkan Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945. Hingga sekarang beberapa negara masih berlomba – lomba untuk mengembangkan nuklir.

Dua negara yang sejak dulu telah saling berlomba – lomba untuk mengembangkannya adalah Rusia dan Amerika serikat. 


Semoga saja tidak ada orang – orang yang berusaha menyulut perang dunia. Karena jika terjadi perang, Anda pasti bisa bayangkan bagaiamana dasyatnya perang itu.

Berikut ini daftar 9 Negara yang paling banyak memiliki BOM Nuklir terbanyak di dunia.

1. Amerika Serikat ( United States Of America)

 Test Pertama 1945
 Ukuran Persediaan Nuklir5.113
 Test Nuklir Terakhir1992

Amerika telah melakukan total 1.054 kali percobaan nuklir dan memiliki jangkauan Bom sejauh 13.000 KM. Test nuklir US yang pertama kali,”Trinity”, tahun 1945 merupakan ledakan bom nuklir pertama kali di dunia. Yang kemudian seorang Ilmuwan yang sangat terkenal, Albert Einstein mengusulkan pada Presiden Amerika Franklin Rosevelt untuk membuat senjata bom nuklir. Hingga akhirnya digunakan untuk melumpuhkan Jepang saat itu, dengan menjatuhkan “little boy” di kota Hiroshima dan Nagasaki, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.



Saat ini Amerika memiliki 20 pusat pengembangan nuklir. Walaupun demikian, Amerika pernah melakukan beberapa kesalahan pada saat melakukan percobaan bom nuklirnya, antara lain di kota Atlantic, New Jersey pada tahun 1957,  di daerah Thule Air Base, Greenland pada 1968, Savannah, Georgia pada 1958, Goldsboro, North Carolina pada 1961, di perairan dekat Palomares, Spanyol pada 1966  dan di dekat Okinawa pada 1965. Untungnya tidak ada yang benar – benar menyebabkan bencana nuklir yang parah. 

2. Russia

 Test Pertama 1949
 Ukuran Persediaan Nuklir2,825, Rekor Stok terbanyak mencapai: 41,000
 Test Nuklir Terakhir1992

Russia menjadi negara kedua yang meledakan bom nuklir di dunia, yaitu pada tahun 1949. Pada tahun 1990 Russia melakukan sedikitnya 715 test nuklir termasuk juga penggunaan 969 peralatan nuklir. “Joe-1″ adalah nama dari ledakan pertama nuklir Rusia. Ledakan ini berkekuatan hingga 20 Kilo Ton!.

Gambar di atas adalah gambar “Tsar Bomb”, yang merupakan bom nuklir terberat yang pernah diledakan Rusia pada tahun 1967. Ledakan ini berkekuatan hingga 57.000 kilo ton!. Walaupun sebenarnya direncanakan untuk mampu mencapai kekuatan 100.000 kilo ton!!.




Bom nuklir terbesar kedua yang diledakan adalah Castle Bravo. Diledakan pada tahun 1954 oleh Amerika Serikat. Ledakan ini berkekuatan hingga 15.000 Kilo Ton. 

3. Inggris (United Kingdom)

 Test Pertama 1952
 Ukuran Persediaan Nuklir225
 Test Nuklir Terakhir1991



Pada tahun 1968, Inggris menandatangani perjanjian untuk tidak mengembangkan Nuklir (Nuclear Non-Proliferation Treaty. ). Inggris dan Amerika telah bekerjasama dengan baik di bidang keamanan nuklir hingga sejak tahun 1958 mengadakan persetujuan kerjasama di bidang pertahanan (Mutual Defence Agreement). Ke-dua negara ini  telah saling bertukar informasi dan bekerjasama dalam bidang senjata – senjata nuklir.

4. Perancis 

 Test Pertama 1960
 Ukuran Persediaan Nuklir300
 Test Nuklir Terakhir
1995

 
Seperti Inggris, Perancis juga Anggota dari Nuclear Non-Proliferation Treaty. Pada tahun 19689, Perancis melakukan percobaan bom nuklir yang bersifat Fusion Bom. 

Perancis pertama kali membuat bom nukir pada tahun 1958, ketika dibawah pemerintahan Charles de Gaulle dan kemudian dilakukan percobaan pada tahun 1960. Hingga saat ini Perancis telah melakukan sekitar 200 percobaan Nuklir.


5. CHINA

 Test Pertama 1964
 Ukuran Persediaan Nuklir240
 Test Nuklir Terakhir1996


Setelah test pertama bom atomnya, China melakukan test Bom Hidrogen pada tahun 1967. China sekarang memiliki sekitar 180 Bom Nuklir aktif  yang siap perang. China adalah satu – satunya negara pemilik senjata nuklir yang memberikan asuransi kepada negara – negara yang tidak memiliki senjata nuklir : “China tidak akan menggunakan senjata nuklir untuk melawan negara yang tidak memiliki senjata nuklir dan atau tidak akan meledakan bom nuklir di zona yang bebas senjata nuklir kapan pun dalam kondisi apa pun.”





6. INDIA

 Test Pertama 1974
 Ukuran Persediaan Nuklir40-95
 Test Nuklir Terakhir1998



India memiliki senjata nuklir dan juga mampu mengirimnya melalui pesawat udara dan kapal laut. Pasukan bersenjata nuklir ini tengah dikembangkan. Test bom nuklir pertama India menariknya dinamakan “Smilling Buddha” atau “Senyum Buddha” yang diharapkan menjadi ledakan nuklir yang damai.?. Namun setelah peledakan pada tahun 1998, India mengalami gelombang sangsi ekonomi dari Amerika, Jepang, dan negara – negara lainnya. Namun sekarang India malah mendapatkan persetujuan Pakta Nuklir India dari Amerika Serikat, yang memungkinkan India memperoleh akses lebih terhadap teknologi atom milik negara barat.



7. PAKISTAN

 Test Pertama 28 Mei 1998
 Ukuran Persediaan Nuklir70-90
 Test Nuklir Terakhir30 Mei 1998





Setelah India melakukan test bom nuklir awal tahun 1998, Pakistan pun mulai melakukan respon terhadap “Smilling Buddha ” itu. Perdana Menteri Pakistan Zulfiqar Ali Bhutto berkata setelah test,”Jika India membuat sebuah bom, kita akan makan rumput dan daun selama ribuan tahun, …, tetapi kita akan  memilikinya (bom) juga. Kaum kristen memiliki bom, yahudi memiliki bom, dan sekarang kaum kristen juga mempunyai bom. Kenapa tidak umat Muslim memilikinya juga?”

Program Nuklir Pakistan dimulai sejak tahun 1956, namun, program tersebut terhenti ketika Presiden Ayub Khan  memaksakan hukum darurat perang yang pertama , ketika para teknisi nuklir meyakinkan presiden untuk memberikan izin untuk melanjutkan program ini, presiden Ayub Khan menolaknya. Presiden Ayub Khan mengatakan bahwa Pakistan tidak memerlukan bom.



8. KOREA UTARA

 Test Pertama 2006
 Ukuran Persediaan Nuklirkurang dari 10
 Test Nuklir Terakhir2009





Sebagai sebuah negara yang memiliki gudang senjata kimia yang  besar, korea utara merupakan negara pemilik nuklir yang “penuh”.  Sekarang Korea Utara memiliki dua reaktor nuklir yang aktif. Dan pada tahun 2006 ,tepatnya tanggal 9 OktoberKorea Utara melakukan test nuklir pertamanya.


Gambar di atas merupakan aktifitas seismic pada saat test. Untuk detail nya klik DISINI. 

9. ISRAEL

 Test Pertama Dimungkinkan tahun 1979
 Ukuran Persediaan NuklirLebih dari 400
 Test Nuklir TerakhirDimungkinkan tahun 1979 



 
Israel bukan hanya diyakini mempunyai senjata nuklir siap tempur saja, namun juga mampu menembakannya menggunakan misil balistic antar benua, pesawat tempur, dan angkatan laut. Israel memulai penelitian nuklirnya segera setelah ditemukannya nuklir. 

Israel membangun reaktor pertamnya pada tahun 1950, dan membuat senjata nuklir pertamanya pada tahun 60 an, namun sekarang perlakuan terhadapnya seperti bukan sebagai negara nuklir. Namun,malah negara – negara Eropa termasuk Inggris dan Perancis membantu Israel dalam usahanya untuk mengembangkan nuklir.

Israel juga diyakini telah menciptakan bom nuklir mini yang cukup kecil untuk dimasukan kedalam kantong. Bahkan, lebih dari itu, Israel juga dilaporkan memiliki Bom neutron yang jumlahnya tidak diketahui!!

 

sumber: yokotrik


Kata Kunci: * bom nuklir *

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini